Tak Cocok di Lapangan Tanah Liat, Federer Putuskan Mengundurkan Diri di Prancis Open 2017

Roger Federer dipastikan tak tampil di Prancis Open 2017 (Foto: Patrick Kovarik/AFP)

Roger Federer dipastikan tak tampil di Prancis Open 2017 (Foto: Patrick Kovarik/AFP)

BASEL – Petenis asal Swiss, Roger Federer, memutuskan untuk mengundurkan diri dari turnamen Prancis Open 2017 yang akan digelar pada 28 Mei–11 Juni 2017. Keputusan tersebut ia umumkan melalui laman resminya beberapa hari lalu.

Keputusan ini ia ambil mengingat kondisi fisiknya yang harus ia jaga karena usianya yang tak muda lagi. Ditambah, Prancis Open akan memainkan pertandingannya di tanah liat dan sudah bukan rahasia lagi jika Federer tak cocok dengan lapangan jenis itu. 

“Sayangnya saya memutuskan tidak berpartisipasi di Prancis Open. Saya telah bekerja sangat keras. Namun untuk mencoba dan beramin di ATP World Tour selama bertahun-tahun yang akan datang, saya merasa lebih baik melewatkan bermain di lapangan tanah liat,” ungkap Federer, melalui laman resminya, Sabtu (20/5/2017).

Keberhasilan Federer di Australia Open 2017 memang sangat disayangkan jika harus absen. Apalagi Prancis Open tahun ini juga kehilangan Serena Williams yang harus absen karena sedang hamil. 

“Awal tahun ini sangat ajaib bagi saya tapi saya perlu menyadari bahwa penjadwalan akan menjadi kunci bagi umur panjang saya di tenis. Dengan demikian, tim saya dan saya menyimpulkan hari ini bahwa bermain di tanah liat bukanlah keputusan terbaik,” pungkasnya.

(fmh)