Komentari Sirkuit Le Mans, Rossi: Aspal Lintasan Sekarang Mulus!

Valentino Rossi (Foto: Laman Resmi MotoGP)

Valentino Rossi (Foto: Laman Resmi MotoGP)

LE MANS – Kecewa dengan hasil seri keempat Grand Prix (GP) Spanyol 2017, pembalap kawakan asuhan Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, move on untuk menghadapi seri kelima dalam gelaran GP Prancis di Sirkuit Le Mans. Mengaspal di sirkuit sepanjang 4,2 km itu, Rossi pun mengeluarkan pendapatnya terkait kondisi lintasan.

“Kami tidak tahu apa yang bisa kami harapkan dalam akhir pekan di Le Mans ini. Kami sebelumnya pernah melakukan tes di sini untuk mengetahui kondisi terbaru lintasan di Sirkuit Le Mans,” ungkap Rossi, seperti dikutip dari GP One, Jumat (19/5/2017).

Pembalap asal Italia itu memang tidak dijagokan tampil tiap kali hajatan ajang balap motor paling prestisius itu digelar di Prancis. Tercatat, Rossi hanya sukses menaklukkan Le Mans pada GP 2002 dan 2008. Sejak saat itu, nama The Doctor –begitu sang rider disebut– tak pernah muncul di podium teratas.

Dalam gelaran GP Prancis 2017 yang bergulir pada 19-21 Mei 2017, Rossi pun kembali mengutarakan komentarnya. Ia pun mengatakan optimis dengan kondisi sirkuit yang memiliki lima tikungan kiri dan sembilan tikungan kanan itu. Rossi dan pembalap lainnya pun akan berlomba menghabiskan 28 lap dalam perebutan kemenangan.

“Kondisi sirkuit tidak terlalu hebat, tapi saya rasa pengelola telah melakukan pekerjaan yang baik. Aspal lintasan juga sudah bagus dan jauh lebih baik ketika menghadapi benturan. Bahkan, nyaris tidak ada gelombang sama sekali! Ban pun bekerja dengan baik, jadi saya rasa ini akan menjadi balapan yang positif bagi seluruh rider,” tandas rider berusia 38 tahun itu.

(fmh)