Akhir Mei 2017, Timnas Basket Indonesia Jalani TC

Mario Wuysang motor serangan Timnas Basket Indonesia. (Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak)

Mario Wuysang motor serangan Timnas Basket Indonesia. (Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak)

JAKARTA - Tim nasional bola basket putra akan menjalani pemusatan latihan (TC) di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, mulai 24 Mei 2017, kata kepala pelatih Wahyu Widayat Jati.

"Rencananya TC digelar pada 24 Mei sampai 3 Juni 2017," kata Cacing, sapaan akrab Wahyu, dihubungi dari Jakarta, Jumat.

Dia melanjutkan, ada 15 pemain yang akan mengikuti TC tersebut, termasuk para anggota tim yang berkiprah di Kejuaraan Bola Basket Asia Tenggara SEABA 2017 di Filipina pada 12-18 Mei lalu.

Di kompetisi tersebut, Indonesia berhasil merebut peringkat kedua dengan rekor hanya sekali kalah dari enam laga. Mario Wuysang dan kawan-kawan, yang dijadwalkan tiba di Indonesia hari Sabtu 19 Mei 2017, hanya takluk dari Filipina yang akhirnya menjadi juara. Cacing belum merinci nama-nama pemain yang ikut dalam TC di Tangerang tersebut.

Yang pasti, lanjut dia, jajaran pelatih dan manajer saat ini sedang mencari pemain baru untuk menggantikan tempat Ponsianus "Koming" Nyoman Indrawan yang memutuskan untuk tidak lagi terlibat di semua kegiatan tim nasional.

"Sudah ada beberapa nama big man yang akan dipanggil. Namun, masih akan didiskusikan dengan staf kepelatihan," tutur Cacing.

Setelah TC di Tangerang, timnas selanjutnya bakal mengikuti TC lanjutan di Amerika Serikat. "Kalo tidak ada perubahan, TC di AS digelar 4 Juni hingga 23 Juni 2017," ujar Cacing.

(Ram)