Ferrari Gagal Juara di Catalunya, Bottas Sengaja Tutup Jalan Vettel

Pembalap Tim Mercedes, Valtteri Bottas (Foto: Oli Scarff / AFP)

Pembalap Tim Mercedes, Valtteri Bottas (Foto: Oli Scarff / AFP)

BRACKLEY – Penjagaan ketat yang dilakukan pembalap Mercedes, Valtteri Bottas, terhadap pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, di Sirkuit Catalunya, menyebabkan Vettel gagal menjuarai balapan di Spanyol tersebut. Pasalnya, dengan penjagaan ketat yang dilakukan Bottas, pembalap Mercedes lainnya, Lewis Hamilton, dapat melaju dengan nyaman di posisi depan.

Menanggapi hal itu, Bottas mengakui bahwa memblokir jalan Vettel merupakan keputusannya. Ia menjelaskan bahwa ia berusaha sekuat tenaga untuk dapat membuang-buang waktu yang dimiliki Vettel.

“Saya melakukan segalanya yang saya bisa untuk menjaga Sebastian di belakang dan membuatnya kehilangan waktu. Itulah bagaimana ini berlangsung. Itu merupakan pekerjaan dan misi saya pada titik itu,” jelas Bottas, menukil dari Fox Sport Asia, Kamis (18/5/2017).

Keputusan Bottas itu dibuat lantaran dirinya ingin rekan satu timnya yang dapat menjuarai balapan. Sehingga jarak poin antara Mercedes dan Ferrari mengecil. Ia menilai itu merupakan langkah yang harus dilakukannya untuk menolong tim.

“Namun, saya pikir saya pasti membantu tim. Saya berharap hal itu membuat sedikit perbedaan dan setidaknya kami berhasil sebagai tim untuk memperkecil perbedaan poin dengan Ferrari yang mana itu merupakan hal bagus,” tandas Bottas.

(fmh)