Alonso Terpuruk, Hamilton Ingatkan Para Pembalap untuk Cermat Memilih Tim

Fernando Alonso (Foto: Twitter Resmi F1)

Fernando Alonso (Foto: Twitter Resmi F1)

BRACKLEY – Keterpurukan yang dialami pembalap McLaren, Fernando Alonso, berhasil menarik perhatian mata dunia. Banyak pihak menilai, bahwa Alonso membuat keputusan yang salah tiga tahun silam ketika memutuskan untuk meninggalkan Scuderia Ferrari dan bergabung dengan McLaren.

Hal tersebut pun turut mengundang komentar dari pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, yang menilai bahwa olahraga F1 sedikit berbeda dengan olahraga lain. Pasalnya, meski sebuah tim telah melakukan persiapan dengan sangat baik, namun apa pun bisa terjadi di lintasan. Tidak ada jaminan tim tersebut dapat memenangkan balapan.

“F1 adalah olahraga yang tidak biasa. Anda bisa saja menjadi yang terbaik dalam hal persiapan, yang paling maju, yang paling berbakat, dan tetap tidak memiliki apa-apa. Ini mengerikan dan yang saya tidak sukai dari olahraga ini,” ucap Hamilton, menyadur dari Sportsmole, Rabu (17/5/2017).

Lebih jauh, Hamilton menilai bahwa seorang pembalap harus cermat dalam hal memilih tim mana yang akan dibelanya. Ia menganalogikan keputusan yang diambil seorang pembalap dalam memilih tim seperti keputusan yang diambil dalam permainan catur.

“Ini seperti permainan catur. Anda harus membuat langkah Anda dengan tekun dan hati-hati, mengambil keputusan yang tepat di waktu yang tepat untuk berada di tempat yang tepat di waktu yang tepat,” jelas mantan rekan satu tim Alonso itu.

(fmh)