Cegah Aksi Terorisme, F1 Siapkan Teknologi Canggih untuk Melindungi Pembalap

Formula One 2017 (Foto:AFP)

Formula One 2017 (Foto:AFP)

PARIS – Bos Formula One (F1) kabarnya telah menyiapkan langkah-langkah anti-terorisme untuk menjamin keselamatan para pembalap F1. Rencananya teknologi canggih tersebut akan mulai diterapkan menjelang Grand Prix (GP) Inggris yang jatuh pada 16 Juli 2017.

Mereka menciptakan sebuah drone yang membawa pistol jala dan penyadap elektronik untuk pertunjukan di Sirkuit Silverstone. Sejumlah penggemar khawatir perlombaan bisa menjadi target teroris menyusul insiden di Westminster dan beberapa ibu kota lainnya di Eropa.

Pistol jala yang dipasang pada drone berfungsi untuk menangkap benda terbang. Jala akan langsung terbuka jika ada benda aneh yang melayang di sekitarnya. Drone ini didesain menyerupai pesawat alien.

Sementara penyadap elektronik berfungsi untuk mengganggu frekuensi radio pada drone dan memastikan mereka berhenti bekerja secara total. Selain itu, penyadap ini dapat membantu pihak ketiga untuk mengendalikan benda asing yang niat mengganggu jalannya perlombaan.

Sebagaimana diberitakan Mirror, Selasa (16/5/2017), manajemen Silverstone kabarnya telah mendaftarkan drone pertahanan tersebut untuk balapan. Dengan adanya alat tersebut, mereka berharap perlombaan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

(lsk)