Ban Hard Dinilai Kurang Efektif, Pirelli Siapkan Opsi Ban Lembut untuk GP Inggris

Pirelli (Foto:AFP)

Pirelli (Foto:AFP)

MILAN – Produsen ban Formula One (F1), Pirelli, mengaku akan menyiapkan ban bertipe hard, medium, dan soft pada Grand Prix (GP) Inggris. Balapan yang akan berlangsung di Sirkuit Silverstone tersebut rencananya akan digelar pada 16 Juli 2017.

Sebelumnya, produsen ban asal Italia tersebut sempat mencoba ban bertipe hard. Namun, ban tersebut dinilai kurang efektif saat digunakan. Alhasil, Pirelli memutuskan untuk menggunakan senyawa yang lebih lembut untuk balapan di Silverstone.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Direktur Pirelli, Mario Isola. Senyawa hard akan menjadi opsi yang dapat digunakan di Silverstone, meski demikian mereka juga sedang melakukan diskusi untuk menyediakan beberapa ban dengan senyawa yang lebih lunak.

“Peraturan mengatakan bahwa kami harus memilih tiga senyawa dan saat ini pilihannya jatuh kepada ban bertipe hard, medium, dan soft. Kami akan segera berdiskusi dan pindah menuju ban medium, soft, dan supersoft,” terang Isola, menyadur dari Foxsportsasia, Selasa (16/5/2017).

“Ada perasaan yang mengatakan Pirelli bisa bergerak menggunakan ban satu tingkat lebih lembut untuk digunakan di Silverstone. Dalam hal ini ban medium, soft, dan supersoft menjadi pilihannya,” imbuhnya.

(lsk)