Ajang Gala Desa Dimulai dari Bulukumba

Imam Nahrawi saat membuka Gowes Nasional. (Foto: Kemenpora)

Imam Nahrawi saat membuka Gowes Nasional. (Foto: Kemenpora)

BULUKUMBA - Kemenpora meneruskan kampanye gerakan Ayo Olahraga, untuk mengajak warga Indonesia berolahraga, dengan berbagai program. Setelah Gowes Nusantara, ajang selanjutnya yang disiapkan otoritas olahraga nasional itu adalah Gala Desa.  

Rencananya, Menpora, Imam Nahrawi akan membuka secara resmi ajang Galadesa tersebut di Bulukumba, Sulawesi Selatan, Minggu (14/5/2017) sore. Kick-Off Gala Desa dipusatkan di Lapangan Pemuda, Bulukumba, dengan menghadirkan 10 ribu peserta.

Seluruh peserta yang hadir merupakan masyarakat dari perwakilan per-kecamatan. Nantinya, Gala Desa akan berlangsung sampai 9 September 2017. Di Sulawesi Selatan, sejatinya ada tujuh kabupaten yang menjadi penyelenggara selain Bulukumba. Diantaranya Kabupaten Bantaeng, Sinjai, Bone, Soppeng, Wajo, dan Pinrang.

Bulukumba dipilih sebagai tempat kick-off Gala Desa Nasional karena memiliki banyak kekayaan budaya. Selain itu, ada juga destinasi wisata yang bisa turut dipromosikan ke khalayak luas, seperti Pantai Bira atau Phinisi Nusantara.

Pada ajang Gala Desa ini, ada enam cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan Antara lain cabor sepak bola, sepak takraw, tenis meja, bola voli, bulutangkis, dan atletik. Seluruh pertandingan diikuti peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa hingga masyarakat umum mewakili desanya masing-masing.

"Kami berharap pembukaan secara seremonial nanti bisa menggelorakan semangat berolahraga dari desa, semangat berkompetisi di desa-desa yang tersebar di 136 kabupaten/kota di Indonesia," Imam lewat pres rilisnya kepada Okezone, Minggu (14/5/2017).

(fmh)