Sport Time: TERNYATA! 5 Olahraga Ini Pernah Dipertandingkan di Olimpiade

200 meter obstacle swim (Foto:Toptenz)

200 meter obstacle swim (Foto:Toptenz)

OLAHRAGA merupakan salah satu aspek yang tak lepas dari kehidupan manusia. Berbagai cabang olahraga hadir dan berkembang di tengah-tengah masyarakat, namun tak semua olahraga dipentaskan dalam ajang Olimpiade.

Meski memiliki beragam olahraga menarik, di belahan bumi tertentu ada pula beberapa olahraga unik dan nyeleneh yang pernah diperlombakan di Olimpiade. Dalam artikel ini, Okezone akan membahas lima olahraga aneh yang pernah dipertandingkan di Olimpiade.

1. Plunge Diving

Berbeda dengan olahraga renang ataupun lompat indah, olahraga yang diberi nama plunge diving ini masuk kategori olahraga aneh di bidang akuatik yang menggabungkan kemampuan renang, menyelam, dan polo air.

Olahraga ini pertama kali diperkenalkan pada Olimpiade Musim Panas 1904 di St Louis. Setiap peserta diwajibkan melompat dengan jauh sebelum menyelam. Namun, peserta harus terjun dalam posisi berdiri dan tidak boleh mencul ke permukaan air dalam waktu 60 detik. Selama di dalam air, setiap kontestan tidak diizinkan untuk bergerak dan terus menyelam.

2. Croquet

Secara garis besar olahraga ini mirip sekali dengan golf, di mana menggunakan bola dan tongkat pemukul sebagai alat utama permainan. Olahraga ini pertama kali diperlombakan pada Olimpiade Musim Panas 1900 di Paris.

Cara bermain croquet cukup unik. Setiap peserta diwajibkan memasukkan bola ke tengah-tengah tapal kuda yang telah disusun tegak di atas lapangan. Permainan ini terbagi menjadi dua acara, yakni single dan double. Hanya ada 10 kontestan yang bermain dalam cabang olahraga croquet saat itu, sembilan di antaranya berasal dari Prancis.

3. Balap renang 200 meter

Balapan renang ini bukanlah sebuah balap renang biasa. Setiap peserta diwajibkan menempuh jarak 200 meter dengan berbagai hambatan di dalamnya. Sama seperti croquet, olahraga ini diperkenalkan pada Olimpiade Musim Panas 1900 di Paris.

Semua kontestan memainkan olahraga ini untuk pertama kalinya di Sungai Seine. Setiap pemain harus berlomba berenang sejauh 200 meter dari pantai dan melintasi tiga rintangan berbeda. Pertama mereka harus memanjat sebuah tiang dan melewati deretan kapal. Olahraga ini cukup banyak menarik menit, alhasil 12 pesaing dari lima negara berbeda tercatat pernah melakukan olahraga ini di musim debutnya.

4. Cresta

Berbeda dengan olahraga lainnya yang diperkenalkan saat musim panas. Olahraga cresta ini diperkenalkan saat Olimpiade Musim Dingin. Bahkan, cresta menjadi olahraga regular pada Olimpiade Musim Dingin sejak 2002 yang berlangsung di St Moritz, Swiss.

Pada dasarnya, olahraga ini mirip seperti selancar. Setiap peserta diwajibkan tengkurap di sebuah papan. Namun medan yang harus mereka lewati bukanlah air, melainkan salju. Olahraga ini termasuk salah satu olahraga ekstrem lantaran dapat mengancam nyawa.

5. Hoki es dan menari di atas es

Olahraga ini pertama kali diperkenalkan pada Olimpiade Musim Panas 1908 di London. Meski demikian, olahraga ini hanya dapat dilakukan di atas es dan membuatnya sebagai salah satu olahraga indoor.

Sama seperti ice skating, olahraga ini memanfaatkan sepatu khusus dengan mata pisau untuk meluncur di atas lapisan es. Namun, hoki es mewajibkan setiap pesertanya memasukkan bola menggunakan pemukul khusus menuju gawang lawan. Selain itu, terdapat juga pertunjukan menari menggunakan es sebagai medianya.

(lsk)