Pelita Jaya Menangi Laga Perdana Final IBL 2017

Pelita Jaya sukses pecundangi Satria Muda di laga perdana final IBL. (Foto:Antara)

Pelita Jaya sukses pecundangi Satria Muda di laga perdana final IBL. (Foto:Antara)

JAKARTA - Pelita Jaya (PJ) Energi Mega Persada Jakarta berhasil memenangi laga perdana final Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2017 yang digelar di GOR C-Tra Arena, Bandung, Kamis 4 Mei 2017 malam.

Dalam pertandingan itu, dipantau dari laman IBL, Kamis, Pelita Jaya menaklukkan Satria Muda (SM) Pertamina dengan skor 63-57. Hasil tersebut membuat peluang PJ menjadi juara IBL 2017 semakin besar karena hanya membutuhkan satu kemenangan lagi di final.

"Kredit untuk pemain yang sudah menunjukkan daya juang luar biasa," kata pelatih PJ Johannis "Ahang" Winar usai pertandingan.

Ahang mengakui timnya tampil jelek pada kuarter pertama dan kedua. Akan tetapi, mereka bisa bangkit, khususnya di kuarter keempat.

"Saat itu kami lebih fokus dan disiplin," ujar dia.

Apa yang disampaikan Ahang memang kentara dalam pertandingan tersebut. PJ sejatinya selalu tertinggal dari SM di tiga kuarter, masing-masing dengan skor akhir 20-13, 35-33 dan 51-44.

Namun pada kuarter keempat, PJ tampil "menggila" dan sangat disiplin dalam bertahan. Akibatnya, SM tidak berkutik dan hanya membuat enam poin, sementara PJ menambah 19 angka. PJ pun akhirnya menang dengan skor 63-57.

Point guard Martavious Irving menjadi bintang untuk PJ dalam pertandingan itu dengan membuat 18 poin, empat rebound dan dua assist.

Sementara di kubu SM, big man Carlos Smith mencatatkan torehan terbaik dengan 15 poin, 12 rebound dan tiga assist.

Pelatih SM Youbel Sondakh menyebut kekalahan timnya disebabkan fokus yang menurun di kuarter keempat.

"Pengaruh dari stamina dan tekanan final memang berbeda. Kami akan balas di Jakarta. Arki bakal main di sana," tutur Youbel, menyinggung kapten SM Arki Dikania Wisnu yang belum bisa berlaga di Bandung karena masih dalam pemulihan cedera.

Laga kedua final IBL 2017 digelar di kandang SM, Britama Arena, Jakarta, Sabtu (6/5). Satria Muda harus memenangkan laga itu jika ingin juara.

Kemenangan SM di pertandingan tersebut akan membuat final dilanjutkan ke partai terakhir, Minggu (7/5), masih di Britama Arena.

(Ram)