Tampil di SEABA 2017, Timnas Basket Indonesia Turunkan 12 Pemain

Ilustrasi basket. (Foto: Shutterstock)

Ilustrasi basket. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Tim Nasional bola basket putra Indonesia membawa 12 pemain ke Kejuaraan Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) 2017 yang digelar pada 12-18 Mei 2017 di Quezon, Manila, Filipina, kata pelatih timnas Wahyu Widayat Jati.

Para pemain yang berangkat ke sana yaitu Mario Wuysang, Andakara Prastawa, Hardianus, Abraham Damar Grahita, Diftha Pratama, Sandy Febiansyakh, Arki Wisnu, Christano Ronaldo Sitepu, Adhi Pratama, Kevin Yonas, Jamarr Johnson dan Ponsianus Nyoman Indrawan," papar Wahyu di Jakarta, Kamis.

Pelatih yang akrab disapa Cacing ini melanjutkan, tim akan berkumpul di Batam untuk menjalani latihan pada 8-9 Mei 2017, atau dimulai sehari setelah jadwal final Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2017.

Kemudian, pada Rabu, 10 Mei 2017, timnas berangkat ke Manila dan mulai bertanding pada Jumat 12 Mei 2017 melawan Singapura di Smart Araneta, Quezon.

Adapun dalam Kejuaraan SEABA 2017, Indonesia akan bersaing dengan enam negara ASEAN lainnya yaitu Filipina, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Pertandingan dilaksanakan setiap hari, di mana semua negara peserta saling menghadapi satu sama lain. Berdasarkan jadwal Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) Indonesia akan terus bertanding sejak 12-18 Mei 2017, kecuali Selasa 16 Mei 2017.

Juara SEABA ini nantinya berhak mengikuti Kejuaraan FIBA Asia di Lebanon pada 10-20 Agustus 2017. Cacing sendiri menargetkan anak-anak asuhnya bisa meraih peringkat dua besar di kompetisi tersebut.

Setelah mengikuti Kejuaraan SEABA, Timnas direncanakan berangkat ke Houston, Amerika Serikat. Namun, Cacing belum bisa memastikan kapan itu dilakukan dan siapa saja pemain yang akan diikutkan.

"Tanggal belum pasti karena kami masih menunggu Surat Keputusan dari Satlak Prima. Nantinya ada 12 pemain yang berangkat. Nama-namanya bisa saja tidak sama dengan yang berangkat ke SEABA," tutur dia.

(Ram)
TAG : EA EA