Hadapi Pelita Jaya di Final IBL 2017, Ini Pemain yang Diwaspadai Satria Muda

Satria Muda siap kalahkan Pelita Jaya. (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)

Satria Muda siap kalahkan Pelita Jaya. (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)

JAKARTA - Satria Muda (SM) Pertamina mewaspadai penampilan "big man" dan point guard Pelita Jaya (PJ) Energi Mega Persada Jakarta jelang laga final Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2017, kata pelatih SM Youbel Sondakh.

Menurut Youbel di Jakarta, Selasa, big man dan point guard PJ tampil dominan kala bertanding di semifinal Divisi Putih pada akhir April 2017 lalu.

"Kami akan mencoba menghentikan mereka dengan pertahanan yang baik," kata Youbel.

Adapun pemain yang dimaksud Youbel adalah para pebola basket asing PJ, big man Kore White dan point guard Martavious Irving.

Kedua nama ini menorehkan catatan tertinggi di timnya saat melakoni pertandingan kedua semifinal IBL versus W88.News Aspac Jakarta di GOR C-Tra Arena, Bandung. Kore membuat 28 poin, 10 rebound, empat assist, sementara Irving mencatatkan 14 poin, sembilan rebound dan enam assist.

Youbel sendiri menganggap Pelita Jaya adalah tim berkualitas baik, apalagi sejak masuknya Fictor Roring sebagai penasihat teknik dan Martavious Irving yang menggantikan Winston Grays. Keduanya baru memperkuat PJ pada pertengahan Februari 2017 lalu.

Ketika dikalahkan Satria Muda di babak reguler IBL 2017, Pelita Jaya belum diperkuat oleh dua nama di atas.

"Kami memang belum sempat bertemu PJ dalam format seperti saat ini. Jadi saya yakin pertandingan final pada Kamis nanti akan menarik," kata Youbel.

Sementara terkait kondisi forward sekaligus kapten SM Arki Dikania Wisnu yang cedera sehingga tak bisa tampil laga ketiga semifinal Divisi Merah kontra CLS Knights Surabaya, Youbel menuturkan keadaannya semakin membaik.

"Arki semakin baik dan kemungkinan akan turun di final," tutur dia.

Laga pertama final IBL 2017 diadakan di GOR C-Tra Arena, Bandung, yang dipilih sebagai kandang Pelita Jaya. Kemudian, pertandingan kedua dilaksanakan Sabtu (6/5) di kandang SM, Britama Arena, Jakarta. Jika pada dua partai tersebut kedudukan kedua tim seri, final dilanjutkan ke laga ketiga, Minggu (7/5), masih di Britama Arena.

(Ram)