Kerap Tampil Luar Biasa, Kartini Jadi Inspirasi Maria Londa

Maria Londa (tengah). (Foto: ANTARA)

Maria Londa (tengah). (Foto: ANTARA)

JAKARTA - Semangat pahlawan nasional Raden Ajeng Kartini untuk membangkitkan kesadaran dan meningkatkan taraf hidup kaum perempuan Indonesia menginsipirasi atlet Olimpiade 2016 asal Indonesia Maria Londa untuk berprestasi maksimal.

"Semangat Kartini saya terjemahkan dalam bentuk perjuangan untuk berprestasi dan membanggakan Indonesia di kancah internasional," kata Maria di Jakarta.

Dia melanjutkan, perjuangan Kartini harus dilanjutkan oleh perempuan Indonesia sebagai "Kartini modern" yang hidup di masa kini. Untuk itu, atlet lompat jauh dan lompat jangkit peraih medali emas Asian Games 2014, SEA Games 2015 dan 2013 ini meminta perempuan-perempuan Indonesia tidak menyerah dalam menggapai cita-cita. Maria menegaskan, cita-cita yang besar memang perlu pengorbanan yang tidak sedikit.

"Jadi mesti berjuang tanpa kenal lelah. Jangan kalah dengan keadaan dan harus berani menghadapi tantangan di segala situasi," ujar atlet berusia 26 tahun itu.

Sebagai seorang olahragawan, nama Maria Londa bersinar terang sebagai salah satu atlet lompat jauh dan lompat jangkit terbaik di Asia.

Maria sudah berprestasi sejak usia muda dan tahun 2009 menjadi loncatan awal kariernya. Ketika itu, dia berhasil meraih medali perunggu di SEA Games untuk nomor lompat jangkit dan lompat jauh.

Prestasi perempuan kelahiran Denpasar ini terus meningkat dengan meraih emas di SEA Games 2013 dan 2015. Pada 2014, dia tampil luar biasa di Asian Games 2014 di Korea Selatan dan berhasil merebut emas dari nomor lompat jauh. Torehan tersebut sejarah bagi Indonesia karena itu adalah emas perdana dari lompat jauh sepanjang keikutsertaan Indonesia di Asian Games dan emas atletik Indonesia pertama di Pesta Olahraga Asia sejak terakhir kali diperoleh pada 1998.

Maria Londa kemudian lolos kualifikasi untuk dapat berpartisipasi dalam Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brazil, setelah bisa melakukan lompat jauh dengan jarak 6,70 meter di SEA Games 2015, Singapura di mana dia meraih medali emas. Maria pun tercatat sebagai atlet perempuan pertama yang membawa bendera Merah Putih untuk kontingen Indonesia dalam pembukaan Olimpiade.

"Bagi perempuan-perempuan Indonesia, tetap semangat meraih cita-cita. Berjuang dan selalu berdoa untuk hasil yang akan kita dapatkan nantinya," tutur Maria.

(Ram)