Jelang Tampil di GP Amerika Serikat 2017, Dovizioso Harap Format Latihan Diubah

Andrea Dovizioso (Foto: AFP)

Andrea Dovizioso (Foto: AFP)

AUSTIN – Pembalap Tim Ducati, Andrea Dovizioso, mengatakan sangat berharap adanya perubahan dalam format latihan ajang MotoGP Grand Prix (GP) musim 2017. Dovizioso menganggap format latihan saat ini tidak memberikan hasil yang memuaskan.

“Saya termasuk pembalap yang percaya sistem ini harus diubah. Saya berjuang keras sejak tahun lalu, tapi sejauh ini semua itu tidak berpengaruh. Di GP Argentina, saya menyinggung lagi urusan ini. Kali ini, saya mendapat dukungan dari banyak rider,” ungkap Dovizioso mengutip dari Motorsport, Jumat (21/4/2017).

Aturan yang dimaksud The Little Dragon –julukan Dovizioso- sendiri terkait dengan pengaturan format latihan yang dibuat oleh penyelenggara ajang balap motor paling bergengsi itu. Dengan aturan terkini, rider yang berada di urutan Top Ten dari perhitungan tiga sesi latihan akan otomatis menuju kualifikasi kedua. Sementara pembalap terpaksa berjuang kembali untuk bisa masuk kualifikasi pertama.

“Dengan sistem sekarang, Anda tidak punya waktu untuk berlatih. Hal itu karena Anda harus mengatur waktu dan berusaha keras untuk sampai di sepuluh besar agar bisa melanjutkan babak kualifikasi kedua. Itu artinya, Anda menggunakan lebih banyak ban,” tandas pembalap asal Italia itu tegas.

Dalam gelaran GP Amerika Serikat sendiri, sesi latihan pertama hingga keempat akan digelar mulai Jumat (21/4/2017) malam WIB hingga Minggu, 23 April 2017. Setelah itu, para rider akan melakukan kualifikasi satu dan dua masih di hari yang sama. Race sendiri akan berlangsung Senin, 24 April 2017 dini hari WIB. Perebutan podium bagi pembalap-pembalap hebat itu akan berlangsung di lintasan Sirkuit Austin.

(fmh)