Sport Time: 4 Kali Mentas di Sirkuit Austin, Prestasi Vinales Stabil

MAVERICK Vinales merupakan nama yang digadang-gadang akan menempati posisi pertama pada seri ketiga MotoGP 2017 di Sirkuit Austin, Amerika Serikat. Hal itu bukan tanpa sebab, pasalnya pada dua race perdana, pembalap anyar Movistar Yamaha itu mampu menjadi yang tercepat.

Pembalap berpaspor Spanyol itu pun sebenarnya memiliki catatan cukup bagus ketika mentas di Amerika. Terutama, ketika Vinales masih berlaga di Moto3 dan Moto2 ketika dirinya berhasil menunjukkan keganasannya di lintasan. Berikut adalah catatan empat balapan terakhir Vinales di Sirkuit Austin.

2013

Pada 2013 Vinales masih berlaga di kelas Moto3 dan bergabung dengan Tim KTM. Kala itu Vinales berhasil menempati podium kedua. Sedangkan podium pertama ditempati oleh Alex Rins, yang kala itu juga masih berlaga di kelas Moto3.

2014

Pada 2014 Vinales tampil di kelas yang berbeda, yakni Moto2. Di kelas ini Vinales bergabung dengan Tim Kalex dan dirinya mampu membuktikan diri sebagai yang tercepat kala mentas di Sirkuit Austin.

2015

Vinales yang tampil gemilang di Moto2 menarik minat Tim Suzuki Ecstar untuk memboyongnya ke MotoGP pada 2015. Tampil sebagai rookie, membuat Vinales tidak diunggulkan dibandingkan pembalap-pembalap lainnya. Ia pun hanya berhasil finis di posisi kesembilan ketika mentas di Sirkuit Austin. Sedangkan posisi pertama ditempati oleh Marc Marquez.

2016

Pada 2016 Vinales sudah semakin percaya diri tampil di MotoGP. Terbukti, pembalap berjuluk The Top Gun mampu tampil konsisten. Ia pun berhasil finis di posisi keempat ketika tampil di Sirkuit Austin. Ia juga harus kembali mengakui keunggulan Marquez yang kembali menjadi nomor satu di Amerika.

(fmh)