Persiapan Asian Games 2018 Diharapkan Dipantau Secara Rinci

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin telah melakukan rapat terbatas dengan topik perkembangan persiapan Asian Games 2018. Rapat terbatas ini dilakukan di Kantor Presiden, Jakarta Pusat.

Selain jajaran Menteri Kabinet Kerja, turut pula hadir dalam rapat terbatas ini Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. Kedua daerah ini memang merupakan tuan rumah perhelatan pesta olahraga terbesar di Asia pada 2018 mendatang.

Dalam rapat tersebut, Jokowi pun telah mengumumkan bahwa Peraturan Presiden (Perpres) tentang penyelenggaraan Asian Games 2018 telah ditandatangani. Perpres ini sendiri memang cukup ditunggu-tunggu mengingat semakin singkatnya waktu persiapan pemerintah jelang penyelenggaraan Asian Games 2018.

Dalam rapat terbatas kali ini, Jokowi pun telah meminta agar persiapan ini benar-benar diperhatikan oleh pemerintah. Utamanya bagi Wakil Presiden Jusuf Kalla yang telah ditunjuk langsung oleh Jokowi sebagai Ketua Penyelengaraan Asian Games 2018.

"Asian Games 2018 tinggal 488 hari lagi dan dalam rapat sebelumnya saya sudah minta kekada Wakil Presiden, Pak Wapres untuk secara khusus mengawal persiapan Asian Games sampai nanti tiba saatnya," kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta.

Jokowi pun meminta agar persiapan Asian Games ini betul-betul diperhatikan secara rinci oleh pemerintah. Dengan begitu, pemerintah bisa mendeteksi secara lebih awal apabila terdapat hambatan pada persiapan Asian Games ini.

"Oleh sebab itu pada ratas kali ini saya ingin mendapatkan laporan mengenai persiapan lapangannya, Saya minta perkembangan di lapangan betul-betul terus dilihat, dipantau secara detail secara rinci, sejauh mana kemajuannya. Apakah ada hambatan, apakah ada kendala di lapangan dan semuanya terus dan harus dicek, dicek, dan dicek lagi," ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan proses pengerjaan infrastruktur untuk gelaran pesta olahraga Asian Games secara keseluruhan 38,18%. Lain memaparkan, pembangunan infrastruktur secara keseluruhan di Jakarta 46,71%, dan untuk pembangunan di Palembang 17,37%.

Puan selaku wakil ketua pengarah penyelenggara Asian Games 2018 mengingatkan Indonesia selaku Tuan Rumah Penyelenggara Asian Games ini harus mampu menjadi peringkat delapan atau minimal urutan 10 pada akhir gelaran olahraga.

"Peringkat tersebut menuntut Indonesia harus mengumpulkan perolehan minimal 13-20 medali emas. Sehingga diperlukan penyiapan atlet yang optimal. Total kebutuhan atlet 877 orang untuk mengikuti 484 nomor event," ucap Puan.

(rul)