Ketenangan Maverick Vinales Dipuji Habis sang Crew Chief

Maverick Vinales / Crash.net

Maverick Vinales / Crash.net

LESMO - Ramon Forcada selaku crew chief Maverick Vinales di Tim Movistar Yamaha, mengaku terus mendapati hal-hal yang luar biasa dari rider berusia 22 tahun asal Spanyol itu. Pernyataan Forcada dimuat La Gazzetta dello Sport.

Ya, Forcada mengaku terus dikejutkan oleh talenta-talenta yang dimiliki Vinales, Top Gun -julukan Vinales- sendiri sukses meraih dua kemenangan beruntun di dua seri awal MotoGP 2017, yakni di Qatar dan Argentina.

Usai menaungi Lorenzo selama sembilan musim, kini Forcada memang membimbing Vinales, yang secara mengesankan menyapu bersih seluruh uji coba pramusim dengan menjadi rider tercepat.

Dua kemenangan beruntun di Qatar dan Argentina pun bukan menjadi hal yang membuat Forcada terkesan, melainkan cara Vinales mengatasi berbagai kondisi lintasan.

"Maverick merupakan sebuah kejutan. Saya yakin ia bakal tampil kuat, tapi tak sekuat ini. Usai pramusim, sangat mudah membayangkan ia bisa memulai musim dengan baik. Tapi fakta bahwa ia bisa melakukannya di berbagai kondisi, kering, basah dan tak menentu seperti di Qatar, sungguh mengejutkan ia bisa mengendalikan segalanya dengan sempurna," ujar Forcada.

"Yang paling mengesankan adalah ketenangannya. Ia punya kemampuan menghindari kesalahan, mampu mengendalikan beragam situasi dengan baik, contohnya di Argentina ketika ia cepat menyadari sektor ketiga adalah sektor paling bermasalah untuk ban, di mana ban bisa aus lebih cepat di sana. Jadi ia melintas lebih berhati-hati di sana, menghemat usia ban sampai finis," urainya.

(rul)