Hingga Kini, Pemerintah Belum Keluarkan Perpres Asian Games 2018

Pemerintah belum mengeluarkan Perpres Asian Games 2018. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

Pemerintah belum mengeluarkan Perpres Asian Games 2018. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA - Perhelatan Asian Games akan dilaksanakan pada 18 Agustus sampai 2 September 2018. Hanya saja, hingga saat ini Peraturan Presiden (Perpres) terkait penyelenggaraan Asian Games tersebut masih belum terbit.

Terdapat beberapa hal yang perlu diatur dalam Perpres tersebut. Salah satunya adalah tentang proses pengadaan barang.

"Progress-nya kan tunggu Perpres ya. Perpresnya belum," tutur Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat ditemui usai melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (17/4/2017).

Hanya saja, sejumlah persiapan hingga saat ini masih terus dirampungkan. Salah satunya adalah terkait business proses dalam pelaksanaan Asian Games kali ini.

"Tapi paralel itu kan sama Inasco (Indonesian South East Asian Games Organizing Comitte) kan sudah dilakukan penyesuaian-penyesuaian, draf organisasinya dilakukan, dan sebagainya. Agar bisnis prosesnya lebih baik," ungkapnya.

Diharapkan, sejumlah persiapan ini nantinya dapat berdampak positif pada kelancaran penyelenggaraan Asian Games pada 2018. Untuk itu, meskipun Perpres belum diterbitkan, sejumlah persiapan telah dikerjakan oleh pemerintah. Salah satunya adalah tentang penyederhanaan organisasi.

"Dirampingkan itu untuk pelaksanaan, organising committee. Ramping itu dalam artian bukan ramping jumlah orangnya, tapi ramping bisnis prosesnya lebih cepat. Jadi kalau ambil keputusan itu 2 layer gitu. Kalau enggak nanti kepanjangan ambil keputusan. Bukan perampingan ya, penyederhanaan organisasi lah lebih tepatnya. Agar bisnis prosesnya lebih efisien," tutupnya.

(Ram)