Eks Rider MotoGP: Sukses Tidaknya Lorenzo di Ducati Tergantung Tim

Jorge Lorenzo / Motorsport

Jorge Lorenzo / Motorsport

MADRID - Mantan rider MotoGP, Carlos Checa meyakini kalau kesuksesan Jorge Lorenzo dalam meraih gelar juara dunia dalam jangka waktu dua musim ke depan merupakan tanggung jawab Ducati Corse. Menurutnya, sukses tidaknya Lorenzo tergantung pada pabrikan Italia tersebut.

Checa yang kini merupakan brand ambassador Ducati, membela tim balap yang bermarkas di Bologna, Italia itu pada musim 2005 silam. Juara WorldSBK 2011 itu mengoleksi dua podium, menjadikannya satu-satunya rider Spanyol yang pernah menapaki tangga podium bersama Ducati.

Checa pun berharap Lorenzo segera mengikuti jejaknya, bahkan lebih kompetitif darinya. Ya, apalagi X-Fuera merupakan rider top yang sudah mengoleksi tiga titel  juara dunia MotoGP.

Checa yakin pun yakin Lorenzo bakal segera bangkit, apalagi melihat sang tandem, Andrea Dovizioso mampu tampil baik di atas motor Desmosedici GP17. Meski begitu, Checa yakin kesuksesan Lorenzo ditentukan oleh kerja keras Ducati.

"Akan menyenangkan melihat Jorge berada di depan bersama Ducati. Jika ia mengendarai motor yang sama dengan Dovi, harusnya ia juga kompetitif. Jorge bukan digaet untuk meraih hasil baik, melainkan meraih gelar juara dunia. Ekspektasi publik sangat tinggi. Bakal sulit bagi Jorge meraih gelar musim ini, tapi menggaetnya adalah komitmen Ducati," kata Checa kepada AS.

"Sangat sulit bagi Jorge mempersempit jarak dengan para rival yang ada di depannya, namun saya ingin melihatnya berhasil. Ya, demi dirinya sendiri, demi Ducati dan demi MotoGP. Saat ini saya rasa masih sulit, karena tampaknya kompetisi musim ini akan didominasi duel Maverick Vinales dan Marc Marquez," celotehnya.

"Saya pikir kans Lorenzo untuk merebut gelar juara dunia dalam jangka waktu dua musim ke depan merupakan tanggung jawab Ducati. Ya, sukses tidaknya Lorenzo tergantung pada Ducati, seberapa besar kerja keras Ducati," pungkasnya.

(rul)