Sportpedia: Marc Marquez, Raja Sirkuit Austin

Marc Marquez. (Foto: MM93)

Marc Marquez. (Foto: MM93)

MARC Marquez musim ini belum bisa tampil maksimal di dua seri MotoGP yaitu Sirkuit Losail dan Termas de Rio Hondo. Namun, rider Repsol Honda itu memiliki peluang memperbaiki performanya di lintasan favoritnya yaitu Sirkuit Austin, Amerika Serikat.

Ya, para pembalap MotoGP akan kembali mengaspal di Circuit of the Americas (COTAS) atau disebut Austin pada 23 April 2017. Lintasan sepanjang  5,513 kilometer itu begitu lekat dengan prestasi Marquez. Ia tercatat sudah meraih empat kemenangan secara beruntun yaitu pada 2013, 2014, 2015, dan 2016.

Sejak diperkenalkan pada musim 2013, Sirkuit Austin memiliki karakteristik yang unik. Bahkan, COTAS dikenal sebagai sirkuit yang sulit ditaklukkan. Pasalnya, setiap rider harus menaklukkan tanjakan, turunan, tikungan tusuk konde, tikungan cepat, dan trek lurus.

Tak pelak, stamina dan konsentrasi pembalap bakal diuji. Marquez memiliki syarat tersebut. Dengan pengalaman dan kekuatan motor yang dimiliki, ia berkesempatan kembali menjadi raja di lintasan kebanggaan warga Amerika Serikat itu.

Ketangguhan Marquez terlihat di musim lalu, pembalap berusia 24 tahun itu sempat kehilangan posisi terdepan saat race. Kala itu, ia berduel dengan pembalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, namun Marquez berhasil merebutnya lagi setelah masuk ke tikungan pertama.

(fmh)