Raih 5 Emas, Indonesia Runner-up Turnamen Silat Internasional Sijori Cup

Indonesia posisi dua turnamen silat internasional. (Foto: Istimewa)

Indonesia posisi dua turnamen silat internasional. (Foto: Istimewa)

PALEMBANG - Dua pesilat Sumatera Selatan (Sumsel) menyumbangkan dua medali emas untuk tim Indonesia pada kejuaraan silat antarnegara Sijori Cup x 2017 di Kota Pinang Kepulauan, Riau 6-9 April 2017.

Elvin Chandra yang bertarung di Kelas C Putra berhasil mengalahkan pesilat Malaysia di laga final. Keberhasilan ini juga diikuti pesilat putri asal Palembang Nilatus Soleha yang membekuk pesilat Singapura pada laga perebutan medali emas di kelas C Putri.

Tiga medali emas berikutnya disumbangkan oleh pesilat Indonesia asal Kepulauan Riau atas nama Deo Rizky yang turun di kelas B, Rocky Hidayatullah di Kelas D dan Fauzan di Lelas A. Hasil itu membuat Indonesia menduduki peringkat dua di klasemen akhir kejuaraan Sijori 2017 dengan total perolehan lima medali emas, empat perak dan tiga perunggu. Sementara juara umum diraih oleh tim silat asal Singapura.

Ketua umum Himssi Indonesia Provinsi Sumatra Selatan Deva oktavianus Coriza melalui Pelatih Nasional Provinsi Sumatra selatan M Yusuf mengatakan, prestasi yang diraih dua pesilat ini merupakan modal untuk mempersiapkan diri pada kejuaraan lainnya, seperti Porprov, PON dan Kejuaraan antarnegara maupun multicabang lainnya.

"Pada prinsipnya, Sumsel banyak memiliki bibit pesilat aandal, tinggal lagi lebih perhatikan metode pembinaannya," jelas Yusuf.

Dia meyakini degan bibit atlet yang baik ditambah pelatih berkualitas dan metode pelatihan yang berkelas, Sumsel mampu menjadi lumbung pesilat berprestasi. "Bukan hanya berprestasi di tingkat nasional tapi Internasional," katanya.

(Ram)