Sportpedia: Momen-Momen Terbaik di GP Qatar 2017

SERI Pembuka MotoGP 2017, yakni GP Qatar sukses digelar pada Senin 27 Maret 2017 dini hari WIB. Belangsung saat malam hari seperti biasanya, para rider terbaik menyuguhkan tontonan memukau nan seru menegangkan.

Meski start sempat ditunda sampai dua kali akibat kekhawatiran terhadap genangan air, seluruh pembalap benar-benar memacu motornya dengan kecepatan penuh sejak awal.

Kejutan sudah terjadi di awal race saat rookie Johann Zarco, memimpin balapan tak lama setelah start. Rider Monster Yamaha Tech 3 asal Prancis itu bertahan di posisinya sampai lap enam.

Saat Zarco memimpin balapan, persaingan memperebutkan posisi dua berjalan sengit. Valentino Rossi (Movistar Yamaha), Andrea Dovizioso (Ducati Corse), dan Marc Marquez (Repsol Honda) terlibat kompetisi yang panas.

Zarco sebenarnya dalam posisi sangat nyaman dengan keunggulan cukup jauh dari pesaing terdekatnya. Namun, jawara Moto2 2015 dan 2016 itu tiba-tiba terjatuh dan terseret jauh hingga ke luar trek. Debut Zarco pada kelas MotoGP pun berakhir dengan dia mendarat di gravel.

Memasuki lap ke-10, Andrea Iannone (Suzuki Ecstar), yang tengah berupaya menyusul Marquez untuk posisi kedua ikut mengalami crash.

Setelah Iannone jatuh, rider lain yang membuntuti Marquez adalah Maverick Vinales (movistar Yamaha). Top Gun tak perlu waktu lama untuk mendahului sang juara dunia karena di lap 12 dia sudah membayangi Dovizioso.

Turun ke posisi tiga, Marquez tak kuasa untuk terus bertahan di posisi podium. Mengakui salah dalam memilih ban, juara dunia musim lalu itu pada akhirnya disusul Rossi dan harus puas menempati urutan keempat.

Di beberapa lap selanjutnya persaingan sengit terjadi di barisan depan. Vinales berhasil merebut posisi terdepan dari Dovizioso pada lap 13, namun satu putaran berselang, The Little Dragon kembali menyalip untuk memimpin race.

Vinales dan Dovi terlibat duel sengit dengan beberapa kali saling susul menjelang balapan tuntas. Sementara Rossi tak memiliki kecepatan untuk bertarung dengan dua rider terdepan, pun begitu dengan Marquez yang pada akhirnya finis keempat.

Vinales pada akhirnya menjadi juara balapan pembuka musim ini. Meraih kemenangan pertamanya bersama Yamaha setelah setelah menjadi yang tercepat di seluruh sesi latihan pramusim.

(rul)