Sportpedia: 6 Kali Menang, Spanyol Dominasi Kampiun MotoGP Qatar

Vinales saat menang di Qatar 2017. (Foto: Facebook Vinales)

Vinales saat menang di Qatar 2017. (Foto: Facebook Vinales)

MAVERICK Vinales berhasil keluar sebagai kampiun pada seri perdana MotoGP 2017 yang berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar. Top Gun –julukan Vinales– meraih catatan waktu 38 menit 59 detik, setelah melewati 20 putaran.

Kemenangan Vinales itu semakin menegaskan dominasi pembalap Spanyol di Sirkuit Losail, khususnya di kelas MotoGP. Semenjak Losail menggelar balap MotoGP pada 2004, sudah ada empat rider asal Spanyol yang mampu menjadi terbaik di sana.

Sosok itu ialah Sete Gibernau, Jorge Lorenzo, Marc Marquez dan Vinales. Berbeda dengan Gibernau, Marquez dan Vinales yang baru sekali menang, Lorenzo sering jadi yang tercepat di Losail. Tercatat X-Fuera –julukan Lorenzo– tiga kali menjadi kampiun di sirkuit yang berada di Kota Doha tersebut.

Dominasi Spanyol kontras dengan wakil dari negara lain. Selain Spanyol, hanya ada dua negara yang mengeluarkan pembalapnya menjadi kampiun di Losail. Mereka ialah Australia (Casey Stoner) dan Italia (Valentino Rossi).

Akan tetapi, baik Stoner dan Rossi tercatat sebagai rider yang paling sering menang di Losail. Keduanya sama-sama meraih empat kemenangan di sirkuit yang berada di tengah-tengah gurun pasir tersebut.

(Ram)