Sportpedia: Pertama Kalinya di Olimpiade 1976, Amerika Serikat Finis di Posisi Tiga Perolehan Medali

Medali emas Olimpiade Rio 2016. (foto:AFP)

Medali emas Olimpiade Rio 2016. (foto:AFP)

AJANG Olimpiade bisa dikatakan merupakan panggung bagi Amerika Serikat. Bagaimana tidak, Negeri Paman Sam tersebut sukses menempati posisi pertama sebanyak 17 kali dalam perolehan medali dari 29 gelaran Olimpiade yang sudah berlangsung.

Amerika Serikat langsung memenangkan gelaran Olimpiade perdana pada 1896. Diikuti oleh 14 negara, Amerika Serikat berhasil mengumpulkan total 20 medali dengan rincian 11 emas, tujuh perak, dan dua perunggu.

Setelah berhasil meraih kemenangan perdana, Amerika Serikat selalu menjadi mimpi buruk bagi negara-negara lain dalam urusan perolehan medali. Pasalnya, Negeri Paman Sam itu tidak pernah keluar dari posisi dua besar di klasemen akhir.

Bahkan, Amerika Serikat sempat meraih lima kemenangan beruntun pada Olimpiade 1912-1932. Namun, kehadiran Uni Soviet sukses meruntuhkan dominasi Amerika Serikat di Olimpiade.

Uni Soviet sukses menduduki posisi pertama dalam perolehan medali pada Olimpiade Melbourne 1956. Tidak hanya itu, Uni Soviet juga berhasil memberikan mimpi buruk bagi Amerika Serikat. Bersama Jerman Barat, Uni Soviet sukses menyingkirkan Amerika Serikat ke posisi tiga untuk pertama kalinya dalam perolehan medali Olimpiade.

Meski saat itu Amerika Serikat berhasil meraih 94 medali (lebih banyak dari Jerman Barat yang meraih 90 medali), Negeri Paman Sam harus menerima kenyataan kalah jauh dalam mengumpulkan medali emas. Amerika Serikat hanya mampu mengumpulkan 34 medali emas, berbanding 40 milik Jerman Barat. Sementara itu, Uni Soviet yang ada di posisi pertama berhasil mengumpulkan 125 medali dengan rincian 49 emas, 41 perak, serta 35 perunggu. 

(rzs)