Michele Pirro soal Progress Awal Jorge Lorenzo Bersama Ducati

Jorge Lorenzo / Motorsport

Jorge Lorenzo / Motorsport

BOLOGNA - Test rider Ducati Corse, Michele Pirro yakin betul kalau Jorge Lorenzo tak perlu diajari soal cara beradaptasi dengan motor Desmosedici GP17, meski ia ditunjuk untuk menjadi riding coach atau alias pelatih balap X-Fuera per MotoGP 2017.

"Mengingat Jorge merupakan lima kali juara dunia Grand Prix dan tiga kali juara MotoGP, jadi ia sudah tahu bagaimana cara mengendarai sebuah motor. Saya berkata padanya untuk mencoba dan memahami Ducati, dan bukan untuk mengubah motor kami seperti Yamaha. Seseorang sudah pernah mencoba cara ini dan tidak berhasil!" kata Pirro seperti dimuat Superbike Planet.

Test rider berusia 30 tahun asal Italia ini pun menyatakan bahwa Desmosedici memang memiliki karakter yang unik dan berbeda dari motor-motor Jepang, termasuk Yamaha.

"Anda bisa cepat bila Anda beradaptasi dengan mesin, bukan sebaliknya. Para engineer di markas bekerja sangat keras demi memberi Jorge motor yang sesuai dengan keinginannya," ujarnya.

"Sulit memberi angka persentasi proses adaptasi Jorge, ini baru awal-awal. Namun, saya bisa katakan bahwa ia sudah jauh lebih baik dalam memahami motornya. Mungkin pengetahuannya soal mesin asal Italia sudah mencapai 80%," pungkasnya.

(rul)