Tak Hanya Lorenzo, Riding Coach X-Fuera Juga Siap Bantu Dovizioso

Michele Pirro / Motorsport

Michele Pirro / Motorsport

BOLOGNA - Michele Pirro selaku test rider Ducati Corse, menolak sebutan riding coach alias pelatih balap yang hanya bekerja khusus untuk Jorge Lorenzo. Meski Pirro memang merupakan riding coach X-Fuera di Ducati per musim ini, namun test rider asal Italia itu mengaku peranannya di Ducati tak hanya berfungsi untuk membantu Lorenzo, melainkan juga untuk membantu Andrea Dovizioso.

Sejak akhir musim lalu, Lorenzo memang sibuk mencari pelatih balap untuk menggantikan Wilco Zeelenberg yang memilih bertahan di Yamaha. Ia sempat berusaha menggaet juara dunia MotoGP 2007 dan 2011, Casey Stoner, namun ditolak. Pilihannya pun jatuh kepada Pirro, dan keputusan ini disetujui Ducati.

Meski begitu, Pirro sendiri menolak disebut sebagai 'coach', dan lebih senang tetap disebut sebagai test rider Ducati. Pirro juga mengaku tetap sering memberikan feedback kepada Dovizioso, mengingat mereka sudah bekerja sama mengembangkan moto Desmosedici kebanggaan Ducati sejak 2013.

"Saya bukan pelatih, saya tetap rider Ducati. Saya sudah mengendarai motor mereka selama lima tahun terakhir, dan sayalah orang pertama yang menjajal materi terbaru. Saya satu-satunya orang yang menjajal semua perangkat. Posisi saya adalah test rider, jadi saya mendukung Jorge dan Dovi di lintasan. Saya membantu keduanya," celoteh Pirro seperti dimuat Superbike Planet.

"Saya bisa mempelajari bagaimana mereka berkendara. Saya bisa melihat mereka dari tepi lintasan dengan sudut pandang sebagai pembalap, bukan engineer. Sebagai tambahan, saya tahu rasanya mengendarai motor mereka, jadi saya memberi mereka beberapa feedback. Kami berbagi banyak ide dan ini membantu mempercepat proses pengembangan motor," urainya.

(mrh)