Mercedes Menjadi Salah Satu Tim yang Ikut Menentang Sirip Hiu Musim 2017

BRACKLEY – Dewan kehormatan non eksekutif Mercedes, Niki Lauda, mengungkapkan telah mendukung keputusan Red Bull untuk melarang penggunaan sirip hiu pada mobil musim 2017. Pasalnya desain baru yang ditetapkan Formula One (F1) tersebut sempat dikritik oleh beberapa tim.

Sebelumnya Federasi Internasional Automotive (FIA) telah merancang sebuah mobil yang dapat melaju lebih cepat ketimbang musim lalu. FIA akhirnya menetapkan penggunaan ban yang lebih lebar, sistem aerodinamika tingkat tinggi dan downforce yang lebih besar ketimbang musim lalu.

Namun nyatanya hal tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap mobil yang yang akan digunakan. Sebelumnya tim principal Red Bull, Christian Horner, berpendapat untuk melarang penggunaan sirip hiu, pasalnya hal tersebut akan menutup nama sponsor yang melekat pada sayap mobil mereka.

“Sirip hiu telah di diskusikan secara startegis untuk kelompok. Namun tidak semua tim dapat menempatkan semua sponsor di atas mobil mereka. Itu sebabnya mereka menentang penggunaan sirip tersebut,” terang Lauda, sebagaimana dilansir F1Today, Jumat (17/3/2017).

(lsk)