Sport Time: Lima Tahun Terakhir, Ganda Campuran Indonesia Paling Sukses di All England

BULU TANGKIS merupakan salah satu olahraga yang paling popular di Indonesia. Bahkan bisa dikatakan bulu tangkis menjadi satu-satunya olahraga yang bisa dijual Indonesia ke ranah Internasional. Bulu tangkis sendiri terdiri dari lima kategori yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.

Pada All England 2017, Indonesia meraih satu gelar lewat keberhasilan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Namun sebenarnya, Indonesia lebih kuat di nomor ganda campuran. Terbukti dalam lima tahun terakhir, kategori itu sukses memenangkan empat gelar juara sejak 2012.

Duet mematikan Tontowi Ahmad dan Lilyana Natsir tampaknya menjadi senjata andalan milik Indonesia. Bahkan bisa dibilang mereka menjadi pasangan ganda campuran terbaik sepanjang sejarah Indonesia.

Berikut momen saat ganda campuran Indonesia menjuarai All England dalam lima tahun terakhir:

Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir (2012)

Ganda campuran milik Indonesia ini sukses meraih gelar juara All England 2012 setelah sukses menumbangkan ganda campuran asal Denmark, Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl. Tontowi/Natsir berhasil menumbangkan duo campuran tersebut dengan 21-17. 21-19.

Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir (2013)

Satu musim berikutnya Tontowi/Natsir kembali meraih tren positif di All England 2013. Wakil Indonesia tersebut dapat melaju dengan mulus setelah menumbangkan ganda campuran asal China, Zhang Nan/Zhao Yunlei dengan hasil telak 21-13, 21-17.

Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir (2014)

Kembali melanjutkan prestasinya di bidang bulu tangkis, ganda campuran Indonesia ini kembali unjuk gigi di atas lapangan. Mereka lagi-lagi sukses menumbangkan wakil China, Zhang Nan/Zhao Yunlei dengan hasil yang sama seperti musim sebelumnya yakni 21-13, 21-17.

Praveen Jordan/Debby Susanto (2016)

Seiring dengan perkembangan bulu tangkis di Indonesia, nama pemain muda seperti Praveen Jordan/Debby Susanto muncul sebagai juara All England 2016. Mereka melenggang dengan mulus setelah memperoleh hasil telak 21-12, 21-17 saat berhadapan dengan wakil Denmark, Joachim Fischer Nielsen dan Christinna Pedersen.

(lsk)