Cabor Asian Games 2018 Akan Dipangkas, Menpora Harap Target Indonesia Tak Berubah

Menteri Pemuda Olahraga dalam konferensi pers (Foto: Kemenpora)

Menteri Pemuda Olahraga dalam konferensi pers (Foto: Kemenpora)

JAKARTA – Menteri Pemuda Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, menyampaikan harapannya jika cabang olahraga (cabor) di Asian Games 2018 akan dipangkas, target Indonesia untuk menduduki posisi delapan besar tidak berubah. Hal itu disampaikan Imam usai mengikuti rapat persiapan Asian Games 2018 bersama Wakil Presiden Indonesia sekaligus Ketua Pengarah Asian Games 2018, Jusuf Kalla (JK) di Kemenpora, Rabu (15/3/2017).

Pada rapat tersebut, JK mengusulkan kepada Menpora untuk melakukan pemangkasan cabor dari 42 menjadi 37. Hal itu dilakukan demi penghematan biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk Asian Games 2018.

Meski begitu, Imam mengatakan jika memang pengurangan cabor itu terjadi, ia berharap target delapan hingga 10 besar di klasemen umum Asian Games 2018 tidak meleset. Terlebih, cabor andalan yang diharapkan mendulang prestasi bagi Indonesia.

“Kami harap beberapa cabor yang dikurangi nantinya tidak mengubah ekspektasi kami untuk pencapaian target delapan hingga 10 besar,” ungkap Imam, dalam keterangan pers yang diterima Okezone, Rabu (15/3/2017).

Sebelumnya telah ditetapkan bahwa Asian Games 2018 akan mempertandingkan 42 cabor yang terdiri dari 33 olahraga Olimpiade dan 11 non-Olimpiade. Terdapat dua cabor yang baru dipertandingkan pertama kali di Asian Games yakni pencak silat dan bridge.

(fmh)
TAG : games