Sportpedia: Amerika Serikat Patahkan Dominasi Uni Soviet di Olimpiade 1964

Lambang Olimpiade (Foto: Reuters)

Lambang Olimpiade (Foto: Reuters)

UNI Soviet memang terbilang salah satu negara yang paling mendominasi di ajang Olimpiade pada pertengahan abad 20. Negara yang telah pecah kongsi pada 1991 itu sukses merajai ajang olahraga empat tahunan tersebut pada dan 1956 dan 1960.

Namun pada Olimpiade Tokyo 1964, dominasi Uni Soviet mampu dipatahkan oleh Amerika Serikat. Negara Adi Kuasa tersebut sukses keluar sebagai juara umum di akhir kompetisi olahraga yang pertama kali digelar di Yunani.

Kala itu, Amerika Serikat mengirimkan 346 atlet untuk bertarung mendapatkan medali di ajang tersebut. Di akhir kompetisi, Amerika Serikat sukses mengumpulkan 90 medali dengan rincian 36 emas, 26 perak, dan 28 perunggu.

Sementara itu, Uni Soviet hanya mengirimkan atlet sebanyak 317. Dengan jumlah atlet tersebut, Uni Soviet harus puas menempati urutan kedua di akhir kompetisi.

Sejatinya, Uni Soviet sukses mengumpulkan 96 medali. Namun, Uni Soviet masih kalah dalam perolehan medali emas dari Amerika Serikat. Uni Soviet hanya mengoleksi 30 medali emas, 31 perak, dan 35 perunggu.

(fmh)