Inilah Piala Olahraga yang Terlupakan di Dunia

PERSAINGAN di bidang olahraga terjadi sejak dulu kala. Hal itu terdapat dari trofi yang diraih oleh para atlet atau olahragawan. Namun seiring waktu, sebuah trofi terlupakan seiring dengan perkembangan zaman.

Seperti yang terjadi di dunia sepakbola dan Hoki Es. Trofi yang dulunya diperebutkan kini sudah tidak ada dan hanya tinggal potongan sejarah.

1.Jules Rimet (Sepakbola)

Sepakbola merupakan olahraga terpopuler saat ini, bahkan setiap hari orang selalu membicarakan kabar si kulit bundar. Namun, sejak Piala Dunia pertama diadakan pada 1930, bentuk trofi yang ada saat ini (bola dunia) begitu berbeda dari sebelumnya.

Jules Rimet, piala yang dirancang oleh seniman asal Perancis, Abel Lafleur membentuk trofi dengan menggambarkan Dewi Nike yaitu dewi kemenangan pada mitologi Yunani yang sedang mengangkat cangkir besar berbentuk segi 10. Trofi ini terbuat dari sterling silver yang dilapisi emas beralaskan marmer.

Namun piala ini pernah dua kali hilang dicuri, pertama terjadi pada 1966 ketika Piala Dunia berlangsung di  Inggris. Kemudian pada 1983, Jules Rimet kembali dicuri dan tak ditemukan lagi, saat ini replika trofi tersebut berada di Museum Sepakbola Nasional Inggris.

 

2. O’Brien Trophy (Hoki Es)

Hoki es merupakan olahraga beregu yang dimainkan di atas permukaan es. Bentuk permainan hampir sama dengan sepakbola, pemain mengenakan sepatu skating sehingga dapat bergerak dengan cepat di atas permukaan es.

Nama Stanley Cup tidak begitu saja menjadi piala kebanggaan bagi klub hoki yang menjuarai Liga Hoki Nasional (NHL). Bahkan mereka yang berhasil melalui fase play-off dianugerahi Piala O’Brien.

Piala yang berbentuk dua orang sedang bermain hoki tersebut diperebutkan pada 1910. Namun, Piala O’Brien diberikan kepada klub peringkat kedua, hingga tidak lagi diberikan kepada peringkat kedua pada 1950, dan klub terakhir yang meraihnya adalah New York Ranger.

 

(fmh)