Sportpedia: Olimpiade 1952, Awal Mula Kebangkitan Uni Soviet

Penyalaan api obor Olimpiade Helsinki 1952 (Foto: Olympic.org)

Penyalaan api obor Olimpiade Helsinki 1952 (Foto: Olympic.org)

OLIMPIADE musim panas menjadi ajang olah raga multi-event terakbar di dunia. Mendulang prestasi di Olimpiade merupakan pencapaian tertinggi dari seorang atlet sekaligus kebanggaan untuk negara.

Finlandia terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade Helsinki 1952. Sebenarnya, Helsinki sudah terpilih sebagai tuan rumah ajang empat tahunan tersebut pada 1944. Namun karena situasi Perang Dunia II, penyelenggaraan Olimpiade Helsinki ditunda.

Pada klasemen akhir raihan medali, Amerika Serikat masih perkasa untuk meraih gelar juara umum Olimpiade Helsinki 1952. Negeri Paman Sam itu sukses meraih 76 medali dengan rincian 40 emas, 19 perak, dan 17 perunggu.

Namun, ada suatu hal yang menarik ketika Uni Soviet masuk jajaran lima besar raihan medali Olimpiade 1952. Bahkan, Uni Soviet mampu menempati posisi dua dengan total raihan 71 medali (22 emas, 30 perak, dan 19 perunggu).

Pencapaian tersebut menjadi awal mula kebangkitan Uni Soviet di pentas Olimpiade. Negeri Beruang Kutub itu mampu bersaing dengan Amerika Serikat, seperti halnya pertarungan dua negara tersebut di Perang Dunia.

Sementara itu, pencapaian kurang memuaskan harus diterima tuan rumah. Finlandia hanya menempati urutan delapan dengan perolehan 22 medali (6 emas, 3 perak, dan 13 perunggu).

(fmh)