Ingin Lebih Kompetitif, FIA Luncurkan Peraturan Baru di F1 2017

Sikuti Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (Foto: AFP / Andrej ISAKOVIC

Sikuti Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (Foto: AFP / Andrej ISAKOVIC

BARCELONA – FIA selaku federasi automotif internasional meluncurkan sejumlah peraturan baru pada 2017 untuk menghadirkan balapan yang lebih kompetitif. Direktur Teknis Red Bull, Adrian Newey, memprediksi balapan F1 2017 akan sulit ditebak.

Sejumlah aturan baru yang berlaku pada 2017 menuntut semua tim mencari setting-an terbaik agar kendaraannya lebih bersaing mengarungi satu musim balapan. Perubahan ban dan badan mobil juga jadi sorotan dari semua tim peserta jet darat itu.

Peraturan tersebut menekankan pada teknik aerodinamika tinggkat tinggi yang kerap membuat Red Bull justru dijagokan pada 2017. Red Bull memang memiliki kemampuan yang mumpuni untuk merancang sasis dan aerodinamika pada mobil F1 miliknya.

“Setiap kali ada perubahan regulasi, beberapa tim selalu membaca peraturan lebih baik dari tim lainnya. Biasanya tim-tim besar yang memiliki sumber daya lebih besar dapat membacanya lebih baik,” ungkap Newey, sebagaimana diberitakan Motorsportsweek, Selasa (14/2/2017).

Sekadar informasi, peraturan terbaru F1 pada 2017 yang paling mencolok adalah spesifikasi lebar mobil dan ban. Hal itu membuat mobil melaju lebih cepat di lintasan. Ban depan menjadi lebih lebar menjadi 305 milimeter dari lebar awal 245 milimeter. Sedangkan ban belakang bertambah lebar menjadi 405 milimeter yang sebelumnya 325 milimeter.

(fmh)