Pertandingan Terbaik NBA Sepanjang Masa

LeBron James sukses membawa Cleveland juara. (Foto: AFP)

LeBron James sukses membawa Cleveland juara. (Foto: AFP)

FINAL Liga Basket Amerika Serikat atau dikenal dengan NBA menjadi pertandingan yang menentukan sang juara. Banyak klub basket dari wilayah barat dan timur Negeri Paman Sam itu merebut dua tempat di partai puncak.

Tim redaksi Sport Okezone memilih pertandingan final NBA musim 2016 sebagai pertandingan terbaik NBA sepanjang masa. Laga final NBA 2016 mempertemukan Cleveland Cavaliers (juara wilayah timur) melawan Golden State Warriors (juara wilayah barat).

Format partai final NBA menggunakan tujuh game dengan formasi 2-2-1-1-1. Pertandingan pertama dan kedua di kandang klub peraih poin tertinggi, dilanjutkan pertandingan ketiga dan keempat di kandang dengan raihan poin terendah, dan dilakukan secara bergantian pada game kelima (poin tertinggi).

Pada laga tersebut, Cavaliers tertinggal 0-2 atas Warriors. Pada game pertama Cavaliers takluk di hadapan publik Warrios dengan skor 89 melawan 104. Game kedua juga berakhir kekalahan kedua Cavaliers dari Warriors dengan skor akhir 77-110 yang berlangsung di Oracle Arena, Oakland, California.

Pada laga ketiga Cavaliers hampir saja kalah, namun Cavaliers mampu membalikkan keadaan dan menang di kandang sendiri atas Warrios dengan skor 120-90 . Cavaliers mampu mencuri poin dari Warriors dan mengubah keadaan menjadi 1-2.

Warriors kembali unggul di final keempat yang berlangsung di Quicken Loans Arena, Cleveland, Ohio. Pada pertandingan tersebut, Cavaliers takluk di hadapan publik sendiri dengan skor 97-108 dari Warrios.

Di luar dugaan, Cavaliers langsung membalas ketertinggalan mereka dan unggul atas Warriors. Cavaliers mengembalikan keadaan menjadi 4-3 dengan memenangi game kelima (112-97), keenam (115-101), dan ketujuh (93-89). Dengan hasil tersebut, Cavaliers berhasil keluar sebagai juara NBA musim 2016.

(Ram)