Kritik Regulasi F1 Musim 2017, Webber: F1 Bukan Sekadar Aerodinamika!

LONDON – Legenda Formula One (F1), Max Webber, mengaku performa mesin akan menjadi sesuatu yang sangat penting dalam Formula One (F1) musim 2017. Menurutnya mesin masih menajdi aspek yang sangat penting meski regulasi yang diperkenalkan berforkus pada aerodinamika.

Musim 2017 F1 telah melakukan banyak perubahan dalam regulasi tim. Salah satunya adalah meningkatkan downforce pada mobil dengan menggunakan ban berukuran lebih besar dan lebar. Ban baru tersebut dinilai akan memberikan grip yang lebih baik ketimbang ban musim sebelumnya.

Webber mengaku regulasi juga seharusnya mendorong setiap tim untuk melakukan perubahan pada sektor dapur pacu. Pasalnya mesin sangat berpengaruh untuk mengimbangi hambatan yang dihasilkan oleh sayap dan ban yeng lebih lebar.

“Mobil-mobil akan memiliki lebih banyak downforce, hal ini akan menjadi kekuatan yang lebih sensitive dari musim sebelumnya,” terang Webber, sebagaimana diberitakan oleh F1Today, Rabu (8/2/2017).

“Anda akan membutuhkan mesin yang lebih besar karena ban yang lebih besar otomatis akan lebih berat. Ketika beban mobil bertambah, makan kinerja mesin akan semakin berat dan akan memperlambat mereka,” tambahnya.

(lsk)