Red Bull Berpotensi Ganggu Dominasi Mercedes di F1 2017

NEW SOUTH WALES – Mantan pembalap Red Bull, Mark Webber, mengatakan tim yang dibela Daniel Ricciardo dan Max Verstappen berpotensi mengganggu dominasi Mercedes. Pasalnya, musim lalu Red Bull mampu memberikan persaingan ketat pada musim lalu.

Memang setelah tiga musim berturut-turut Mercedes begitu menguasai gelaran Formula One. Bahkan Ferrari yang notabene rival sejati, tak mampu menyaingi keperkasaan tim pabrikan asal Jerman tersebut.

Red Bull yang mengakhiri konstruktor di peringkat dua tampil begitu mengejutkan. Memasuki musim 2017, Webber optimis dengan perkembangan yang dimiliki oleh tim yang pernah dibelanya selama enam musim tersebut. Bahkan tak menutup kemungkinan jet darat bertenaga TAG Heuer itu bisa keluar sebagai juara apabila ada peraturan baru yang berlaku.

“Saya pikir Red Bull memiliki musim dingin yang tenang dan mereka cukup kuat. Hal ini sangat tergantung pada siapa yang membuka peraturan baru. Secara teknis mereka sudah sangat baik,” ujar Webber mengutip Crash, Senin (6/2/2017).  

“Mercedes memiliki keistimewaan dengan menutup kejuaraan sebagai konstruktor musim lalu, mereka unggul dalam beberapa program dan mesin yang sangat baik. Namun secara operasional Red Bull adalah tim terbaik musim lalu, terlihat dari keandalan mereka, lantas Mercedes memiliki tantangan teknis,” pungkas pria berusia 40 tahun tersebut.

(fmh)