Perbasi Development League Bergulir Pertengahan 2017

Pertandingan IBL (Foto: Antara/Yudhi Mahatma)

Pertandingan IBL (Foto: Antara/Yudhi Mahatma)

JAKARTA- Liga bola basket nasional untuk rentang umur 19-25 tahun, Perbasi Development League bergulir Juli atau Agustus 2017 usai pelaksanaan IBL, kata Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih.

"Ini untuk mengisi kekosongan kompetisi kelompok umur di atas 18 tahun," ujar Danny usai sebuah diskusi di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, saat ini Perbasi masih kesulitan mengadakan kejuaraan di kelompok umur di bawah 12 tahun dan di atas 18 tahun.

Saat ini, kejuaraan nasional di bawah pengawasan Perbasi baru terbatas di kelompok umur 14, 16 dan 18 tahun.

"Setelah 18 tahun, mereka biasanya langsung bermain untuk klub di Liga Bola Basket Indonesia (IBL). Sayangnya, pemain-pemain muda jarang mendapat waktu bermain, apalagi saat ini sudah ada pemain asing," tutur Danny.

Dengan adanya Perbasi Development League, pemain-pemain muda, termasuk yang bergabung dalam klub IBL, bisa menambah jam terbang. Rencananya, akan ada 12 klub yang mengikuti kompetisi yang jika terlaksana, baru pertama kali diselenggarakan di Indonesia ini.

"Idealnya Perbasi itu melakukan pembinaan bola basket dari hulu ke hilir. Kita gak mau kekurangan pemain untuk tim nasional," kata Danny.

Adapun pelaksanaan Liga Bola Basket Indonesia (LBI) 2017 dimulai pada Jumat (20/1) di GOR Kertajaya, Surabaya. Kompetisi tertinggi bola basket putra Indonesia ini direncanakan selesai Mei 2017.

Berbeda dengan musim-musim sebelumnya, pada musim terbaru, IBL mewajibkan 11 klub peserta untuk menggunakan jasa sedikitnya satu dari maksimal dua pemain asing yang disediakan dengan sistem draft.

(yoh)