Absen Enam Bulan, Roger Federer Jadi Unggulan Ke-17 di Australia Open 2017

Federer jadi unggulan ke-17 di Australia Open 2017. (Foto: AFP)

Federer jadi unggulan ke-17 di Australia Open 2017. (Foto: AFP)

MELBOURNE – Absen enam bulan karena harus menjalani penyembuhan cedera lutut, peringkat Roger Federer di pertenisan dunia mengalami penurunan. Terbukti di ajang Australia Open 2017 yang mulai dilangsungkan pada 16 Januari, petenis berpaspor Swiss hanya ditempatkan di unggulan 17!

Federer mengalami cedera lutut pada awal 2016. Mengingat usianya yang sudah tak lagi muda yakni 35 tahun, praktis proses penyembuhan cedera membutuhkan waktu tambahan.

Sebenarnya ajang Australia Open bukanlah turnamen pertama yang diikuti selepas sembuh dari cedera lutut. Sebelumnya pada awal Januari, Federer sudah turun di turnamen beregu campuran, Piala Hopman, yang berlangsung di Perth, Australia.

Berpasangan dengan petenis wanita asal Swiss, Belinda Bencic, Federer gagal membawa Swiss tampil di partai puncak. Meski demikian, ajang tersebut sudah cukup bagi Federer untuk menguji ketahanan fisiknya setelah lama absen.

Di ajang Australia Open sendiri, tepatnya di nomor tunggal putra, Andy Murray ditempatkan pada unggulan pertama. Sementara Novak Djokovic, selaku pemegang enam gelar Australia Open ditempatkan di unggulan kedua pada turnamen kali ini.

(Ram)