Top Sport: Lima Sirkuit Tercepat di MotoGP

MotoGP Australia (Foto: AFP)

MotoGP Australia (Foto: AFP)

DALAM beberapa musim terakhir, kompetisi MotoGP berlangsung dalam 18 seri. Dari 18 seri tersebut, para pembalap biasanya memiliki seri favorit berdasarkan bentuk-bentuk lintasan yang dihadapi mereka di setiap sirkuitnya.

Variasi sirkuit yang terdapat dalam pertarungan MotoGP membuat kecepatan yang dapat ditempuh setiap pembalap pun berbeda-beda. Dari 18 sirkuit, setidaknya terdapat lima sirkuit yang rata-ratanya bisa ditempuh dengan kecepatan di atas 175 kilometer per jam.

Berikut daftar lengkap lima sirkuit tercepat MotoGP, sebagaimana diberitakan Visor Down, Kamis (12/1/2017):

5. Sirkuit Assen, Belanda

Sirkuit Assen menempati peringkat kelima dengan rata-rata kecepatannya mencapai 176,5 kilometer per jam. Rata-rata kecepatan tersebut dicatatkan oleh pembalap Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi. Rossi mencatatkan kecepatan tersebut pada sesi kualifikasi MotoGP 2015.

Jika Rossi jadi pembalap yang rata-rata tercepat, kecepatan tertinggi yang pernah terjadi di Sirkuit Assen dicatatkan oleh pembalap anyar Suzuki Ecstar, Andrea Iannone. Iannone mencatatkannya saat masih membela Ducati Corse. Kecepatannya mencapai 319,8 kilometer per jam.

4. Sirkuit Silverstone, Inggris

Sirkuit Silverstone memang dikenal sebagai salah satu sirkuit tercepat di dunia. Di MotoGP sendiri, Silverstone berada di peringkat keempat dengan rata-rata kecepatannya 176,6 kilometer per jam. Rata-rata kecepatan tersebut dicetak oleh rider Tim Repsol Honda, Marc Marquez, saat meraih pole position di MotoGP 2015.

Sementara itu, kecepatan tertinggi di Sirkuit Silverstone kembali dicatatkan oleh Iannone. The Maniac Joe -julukan Iannone- mampu mencatatkan kecepatan hingga 332,4 kilometer per jam di Sirkuit Silverstone.

(Ram)
1 / 2