PERISKOP 2017: Menanti Kejutan Indonesia di Piala Sudirman 2017

Owi/Butet, andalan Indonesia di Piala Sudirman 2017. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

Owi/Butet, andalan Indonesia di Piala Sudirman 2017. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

TIDAK perlu diragukan lagi bahwa bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga unggulan Indonesia di ajang-ajang multievent internasional. Kendati demikian, dalam beberapa tahun terakhir, prestasi Indonesia di gelaran olahraga tepok bulu ini dapat dikatakan merosot.

Di tengah gempuran kritikan, raihan emas Olimpiade Rio 2016 yang disabet ganda campuran andalan Tanah Air, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir seakan menjadi angin segar bagi dunia bulu tangkis dalam negeri. Prestasi tersebut tentu menjadi modal positif jelang Piala Sudirman 2017.

Meski ajang tersebut diambil dari nama salah satu pendiri Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Dick Sudirman, Indonesia tercatat minim gelar juara di ajang yang mempertandingkan nomor beregu campuran tersebut. Tim Merah Putih hanya pernah sekali meraih gelar juara di Piala Sudirman.

Sementara peraih gelar juara terbanyak Piala Sudirman dipegang oleh China. Negeri Tirai Bambu tersebut telah 10 kali menjuarai Piala Sudirman. Indonesia tentu tidak ingin memberikan gelar juara begitu saja di tahun ini. Meski bertekad kembali menjadi jawara Piala Sudirman, tim bulu tangkis Indonesia harus menyadari bahwa harapan tersebut tidak akan diraih dengan mudah.

Jika melihat peta kekuatan, Indonesia masih memiliki kelemahan pada sektor tunggal khususnya tunggal putri. Hingga saat ini, belum ada pemain tunggal putri Tanah Air yang menunjukkan penampilan konsisten. Selain itu, para pemain tunggal putri Indonesia saat ini masih tergolong minim pengalaman.

Kendati demikian, tekad kuat dan semangat juang tinggi para srikandi muda bulu tangkis Tanah Air tidak dapat diremehkan. Beralih dari sektor tunggal putri, nomor tunggal putra juga perlu mendapat sorotan. Indonesia pun memiliki cukup banyak pekerjaan rumah pada sektor tunggal putra.

Tiga arjuna muda bulu tangkis Indonesia, Jonatan Christie, Ihsan Maulana Mustofa, dan Anthony Sinisuka Ginting patut diperhitungkan untuk masuk tim Piala Sudirman 2017. Ketiganya kerap memberikan kejutan. Tentu masih terekam jelas diingatan para pencinta bulu tangkis momen-momen kemenangan Jonatan atas Lin Dan kala berhadapan di Indonesia Open 2016.

1 / 2
Berita Rekomendasi PERISKOP 2017