Rossi Ditawari Mercedes, Berikut Rekam Jejak The Doctor di Formula One

Michael Schumacher dan Valentino Rossi

Michael Schumacher dan Valentino Rossi

BRACKLEY—Mercedes tengah dipusingkan dengan keadaan bahwa salah satu pembalap mereka, Nico Rosberg memutuskan untuk mundur dari tim setelah berhasil menjadi juara dunia Formula One musim 2016. Keputusan tersebut membuat pihak Mercedes terkejut dan harus bergerak cepat mencari pembalap yang tepat untuk menghadapi musim depan.

Petaka bagi Mercedes, banyak pembalap hebat yang sudah dalam kontrak dengan tim lain. Sebastian Vettel dan Fernando Alonso yang awalnya direncanakan untuk mengisi kekosongan kursi ternyata memilih untuk setia dengan kontrak yang ada.

Sementara itu, Pimpinan Mercedes, Toto Wolff secara mengejutkan memberikan tawaran untuk pembalap MotoGP, Valentino Rossi. Tentu balapan Formula One bukan suatu yang asing bagi pembalap berpaspor Italia tersebut.

Rossi memang belum pernah menjalani balapan dengan mobil Formula One. Namun beberapa kali dirinya menjalani uji coba menggunakan mobil utama. Sebagai pada 2004, Rossi menjalani uji coba dengan Ferrari.

Ferrari begitu percaya dengan Rossi hingga ia diperbolehkan menggunakan mobil yang masih dipakai untuk kompetisi. Ketika itu dirinya berhasil mencatatkan waktu 0,7 detik lebih cepat dari legenda balap Formula One, Michael Schumacher.

Schumi—sapaan akrab Schumacher—bahkan memuji bakat Rossi di balapan roda empat. Ia menyebut Rossi tak perlu mendapatkan bimbingan atau nasihat darinya.

Rossi memang beberapa kali melakukan uji coba dari periode 2004 sampai 2010. Namun baik Ferrari maupun Rossi sama-sama menolak untuk menatap masa depan yang lebih serius di antara keduanya. Tetapi pada periode 2006-2007, ayah Rossi sempat memberikan pernyataan mengagetkan. Ia mengatakan bahwa Rossi selangkah lagi bergabung dengan Ferrari.

Kesempatan terbesar Rossi di Ferrari terjadi pada 2009 ketika itu Felipe Massa mengalami cedera dan Rossi nyaris saja membalap di Monza bersama dengan Gerraroi. Tetapi sayang, waktu yang terlalu singkat tak memungkian Rossi untuk bergabung dengan tim asal Italia tersebut.

(yoh)