Top Sport: Lima Rider Australia yang Menangi Race MotoGP dan Superbike

Mick Doohan (Foto: AFP)

Mick Doohan (Foto: AFP)

BALAPAN MotoGP memang menjadi balapan paling bergengsi di kelas premier. Namun harus diakui bahwa balapan Superbike tak bisa dipandang sebelah mata. Hanya ada beberapa pembalap yang mampu menjadi juara di dua kompetisi berbeda tersebut. Berikut ini lima pembalap dari Australia yang berhasil menjadi juara di dua kompetisi tersebut.

Chris Vermeulen

Chris Vermeulen berhasil memenangkan balapan MotoGP 2007 seri Le Mans Prancis. Ketika itu, dirinya berhasil mengasapi Marco Melandrid, Casey Stoner, dan Dani Pedrosa. Kemenangan tersebut sekaligus membuatnya menjadi pembalap yang sukses memenangkan balapan Superbike dan MotoGP.

Troy Bayliss

Pada 2006 Bayliss menjadi juara Superbike. Tahun itu pun menjadi sangat berharga baginya. Tak lama kemudian, dirinya diajak Ducati untuk menggantikan Sete Gibernau yang tengah cedera. Pada akhir musim, dirinya berhasil menjadi juara pada balapan di Ricardo Tormo, Valencia.

Garry McCoy

Pembalap kelahiran Sidney, Garry McCoy, menjadi pembalap Australia ketiga yang berhasil memenangkan balapan di dua kompetisi berbeda. Sukses bersama Ducati di Superbike, ia berhasil meraih kemenangan bersama Yamaha di tiga balapan MotoGP.

Kevin Magee

Magee berhasil memenangkan dua seri Superbike tepatnya di Phillip Island pada 1991 dan 1992. Hasil tersebut lebih baik jika dibandingkan karier MotoGP-nya karena ia hanya mampu meraih satu kemenangan yakni di Spanyol.

Mick Doohan

Sebelum terkenal di kelas MotoGP, Doohan merupakan pembalap yang populer di kompetisi Superbike. Bahkan, dirinya beberapa kali memenangkan balapan di Superbike. Kemenangan pertama Doohan di MotoGP adalah pada seri Hungari 1990.

(yoh)