Para Pembalap MotoGP Tumbang di GP Amerika Serikat, Lorenzo Kecam Michelin

Jorge Lorenzo (Foto: AFP)

Jorge Lorenzo (Foto: AFP)

JALANNYA pertarungan MotoGP 2016 diwarnai dengan kedatangan ban Michelin sebagai penyuplai ban untuk para pembalap. Setelah absen selama beberapa musim, Michelin pun kembali ke MotoGP untuk menggantikan Bridgestone.

Sayangnya, musim comeback Michelin ke MotoGP tidak berjalan dengan lancar. Para pembalap kerap mengeluhkan dan mengencam kinerja ban pabrikan asal Prancis itu yang dinilai tidak baik dan mengecewakan.

Salah satu momen sulit yang dialami Michelin di MotoGP 2016 adalah insiden tumbangnya beberapa pembalap pada seri ketiga, GP Amerika Serikat. Pada balapan yang berlangsung Senin 11 April 2016 dini hari WIB tersebut, setidaknya ada empat pembalap yang terjatuh karena masalah ban Michelin, yakni Valentino Rossi, Dani Pedrosa, Cal Cruthlow dan Bradley Smith.

Insiden terjatuhnya empat pembalap dalam satu balapan karena alasan yang sama, dinilai rider anyar Tim Ducati Corse, Jorge Lorenzo, sangatlah buruk. Tak pelak, pembalap yang di MotoGP 2016 masih membela Movistar Yamaha itu, mengecam kinerja ban Michelin.

Lorenzo menyatakan, banyak pembalap mengalami kecelakaan karena ada masalah pada ban depan mereka. Pembalap berjuluk X-Fuera itu mengakui, sejatinya ban depan Michelin sudah mengalami perkembangan. Namun apabila dibandingkan dengan Bridgestone, ia merasa Michelin masih jauh tertinggal.

Usai GP Amerika Serikat, Lorenzo pun meminta Michelin untuk segera memperbaiki masalah dan kekurangan yang ada. Pembalap berkebangsaan Spanyol itu berharap Michelin tidak lagi menjadi biang kerok terjatuhnya pembalap di seri-seri berikutnya.

(zan)