Yamaha Mulai Cari Pengganti Lorenzo sejak GP Amerika Serikat

Jorge Lorenzo (Foto: AFP)

Jorge Lorenzo (Foto: AFP)

KOMPETISI MotoGP 2016 adalah musim terakhir pembalap Jorge Lorenzo membela Tim Movistar Yamaha. Mulai MotoGP 2017, Lorenzo untuk pertama kalinya akan berganti tim di kelas balap utama, dengan bergabung ke Tim Ducati Corse.

Kepastian Lorenzo hengkang ke Ducati diumumkan pada 18 April 2016, atau tepatnya beberapa hari sebelum seri keempat MotoGP 2016 yakni GP Jerez. Namun sejatinya, rumor pembalap berkebangsaan Spanyol tersebut tidak akan lagi membela Yamaha di 2017, sudah beredar sejak seri ketiga, GP Amerika Serikat.

Tak hanya soal kepergian Lorenzo, sejak di GP Amerika Serikat, Yamaha sudah dirumorkan sedang mengincar pembalap baru untuk menggantikannya. Nama Maverick Vinales, yang sekarang benar-benar menggantikan Lorenzo di Yamaha, pun langsung memimpin daftar calon pembalap baru.

Siapa sangka, kabar yang masih belum jelas kebenarannya itu, ternyata mendapat respons dari General Manager Yamaha, Lin Jarvis. Yang lebih mengejutkannya lagi, Jarvis sama sekali tidak menyangkal rumor tersebut.

Jarvis mengatakan, Yamaha memang telah menyiapkan beberapa rencana jika Lorenzo benar-benar mau hengkang. Menurutnya, Yamaha selalu memiliki beberapa rencana. Meski demikian, ia menggarisbawahi bahwa rencana-rencana tersebut belum tentu menjadi kenyataan.

Meski demikian, Jarvis menambahkan bahwa dirinya sama sekali tidak masalah apabila Lorenzo hengkang dari Yamaha. Jika itu benar terjadi, ia menyatakan tim pabrikan yang berbasis di Lesmo, Italia, tersebut akan kembali membantu tim yang kuat.

(zan)