Marquez dan Pedrosa Siap Gebrak MotoGP 2017

Marquez dan Pedrosa siap gebrak MotoGP 2017. (Foto: AFP/Jose Jordan)

Marquez dan Pedrosa siap gebrak MotoGP 2017. (Foto: AFP/Jose Jordan)

AALST – Repsol Honda mengubah jenis mesin jelang tampil di MotoGP 2017. Pabrikan asal Jepang yang bermarkas di Aalst, Belgia tersebut mengubah jenis mesin yang awalnya screamer ke big bang.

Lantas apa perbedaan antara screamer dan big bang? Mesin berjenis screamer mempunyai jeda pengapian yang agak lama. Sementara di jenis mesing big bang, proses pengapian lebih cepat.

Karena itu secara logika, seharusnya duo pembalap Repsol Honda yakni Marc Marquez dan Dani Pedrosa dapat meraih hasil lebih optimal di MotoGP 2017 ketimbang 2016, mengingat mendapat mesin yang lebih oke.

Sejatinya Baby Alien dan The Little Spaniard mendapat motor yang lebih kompetitif ketimbang kuda besi yang digunakan pada MotoGP 2016. Hal itu terlihat saat keduanya mentas di uji coba pascamusim yang diadakan di Sirkuit Ricardo Tormo pada 16 dan 17 November 2016.

Di hari pertama tes, yang mana masih menggunakan motor lama (2016), Marquez dan Pedrosa hanya menduduki posisi empat dan 10. Namun, setelah menggunakan motor anyar yang akan digunakan pada MotoGP 2017, Marquez dan Pedrosa tampil menggebrak.

Marquez sukses menduduki posisi dua, sementara Pedrosa menempati posisi lima. Melihat potensi tersebut, Repsol Honda berpeluang besar membuat gebrakan di MotoGP 2017.

“Pada akhirnya, saya dan Dani Pedrosa harus cepat beradaptasi dengan mesin anyar. Sebab kami harus melakukan hal lebih jika ingin meraih hasil optimal,” ujar Marquez mengutip dari Autosport, Jumat (2/12/2016).

(Ram)