Pedrosa Berhenti Membalap demi Minta Maaf kepada Dovizioso

Pedrosa saat meminta maaf kepada Dovi. (Foto: Twitter Honda)

Pedrosa saat meminta maaf kepada Dovi. (Foto: Twitter Honda)

AUSTIN – Pembalap Tim Repsol Honda, Dani Pedrosa, melakukan tindakan yang belum tentu dapat dilakukan rider lain saat mentas di seri ketiga MotoGP 2016 yang dilangsungkan di Circuit of the America (COTA). Saat itu Pedrosa berhenti membalap demi meminta maaf kepada rider Tim Ducati, Andrea Dovizioso.

Ceritanya begini. Pada lap ketujuh balapan yang dilangsungkan di Amerika Serikat tersebut, Pedrosa terlambat melakukan pengereman di salah satu tikungan. Akibatnya, motor RC213V milik The Little Spaniard –julukan Pedrosa– meluncur deras dan menabrak motor Dovizioso.

Akibatnya kedua pembalap terjatuh. Sesaat setelahnya, Pedrosa langsung berlari menghampiri Dovi –sapaan akrab Dovizioso– untuk meminta maaf. Namun, kata maaf yang diucapkan Pedrosa seakan tak ditanggapi Dovi, mengingat pembalap berpaspor Italia sedang menahan rasa sakit yang menimpa sekujur tubuhnya.

Setelah meminta maaf, Pedrosa bangkit dan melanjutkan balapan. Sementara Dovi tidak melanjutkan race. Selain kondisi fisik tak memungkinkan, Desmosedici GP16 milik Dovi juga mengalami kerusakan.

Akan tetapi, Pedrosa melakukan hal yang belum tentu diikuti pembalap lain. Setelah kembali membalap selama lima lap dan merasa motornya tak lagi kompetitif untuk menyelesaikan balapan, Pedrosa masuk pit stop.

Tak lama setelah memarkir motor di paddock kepunyaannya, Pedrosa langsung menghampiri paddock milik Dovi. Pada momen itu Pedrosa menyampaikan permintaan maafnya, meski ditanggapi dingin oleh Dovi.

Minta maaf adalah hal yang sulit diucapkan. Namun, Pedrosa tak segan mengucapkan kata tersebut. Tak hanya sekali usai sama-sama terjatuh di sirkuit, Pedrosa kembali melakukan hal yang sama dengan menghampiri paddock Dovi.

(Ram)