Sportpedia: Kecintaan Valentino Rossi pada Aprilia dan World Rally Championship

TAK diragukan lagi kalau Valentino Rossi merupakan legenda hidup MotoGP. Ia adalah ikon dan simbol balap motor Grand Prix. Meski demikian, Rossi ternyata juga menggemari motorsport roda empat yang tergolong ekstrem. Ya, reli!

Tak main-main, sembilan kali juara dunia Grand Prix ini tercatat pernah tampil di seri World Rally Championship (WRC), ajang reli paling bergengsi di dunia. Tak hanya sekali, namun tiga kali di tiga musim yang berbeda pula.

Rossi pernah tampil di WRC 2008, memperkuat tim Ford dan memacu mobil Ford Focus RS WRC 07. Pada seri pamungkas musim 2008 yang digelar di Wales tersebut, Rossi finis di posisi 12. Not bad!

Sebelumnya, The Doctor juga pernah tampil di WRC 2002, juga di seri terakhir dan tempat yang sama. Sayangnya, Rossi yang waktu itu mengendarai mobil Peugeot 206 WRC gagal finis. Sementara itu, di Selandia Baru pada musim 200, juga di seri pamungkas, pria Italia berusia 37 tahun itu finis di posisi 11.

Meraih Awal Kejayaan Bersama Aprilia

Menarik juga meng-flashback awal karier Rossi di Grand Prix. VR46 melakukan debutnya di kelas 125cc pada 1996 silam. Rossi membela panji Aprilia, pabrikan dari negara asal Rossi, Italia. Ia menunggangi motor Aprilia RS 125.

Di musim pertamanya, Rossi memang hanya berada di posisi kesembilan klasemen akhir rider, namun di musim keduanya Rossi sukses menyabet titel juara dunia kelas 125cc. Saat itu usianya baru 18 tahun!

Rossi kemudian naik ke kelas 250cc masih bersama dengan tim Aprilia. Berstatus rookie, di musim 1998 ia secara luar biasa mampu mengakhiri musim sebagai runner-up. Lebih fenomenalnya lagi, setahun kemudian ia sukses jadi juara dunia kelas 250cc musim 1999. Selama dua musim tersebut Rossi menunggangi Aprilia RS250.

Setelah itu, seperti kita ketahui, Rossi mencoba peruntungannya di kelas tertinggi. Well, the rest is history!

(rul)