Top Sport: Empat Pembalap F1 yang Pernah Menangi GP Abu Dhabi

GRAND Prix (GP) Abu Dhabi akan menjadi penutup kalender Formula One (F1) musim ini. Balapan yang berlangsung di Sirkuit Yas Marina ini akan menjadi balapan yang seru dan menegangkan. Pasalnya dua pembalap Mercedes yakni Lewis Hamilton dan Nico Rosberg akan bertarung habis-habisan untuk memperebutkan gelar juara F1 musim 2016.

Sirkuit yang terletak di Uni Emirat Arab ini pertama kali diperkenalkan pada awal 2007. Namun pada musim 2008 Federasi Internasional Automotive (FIA) baru meresmikan sirkuit ini ke dalam kalender F1 musim 2009.

Selama tujuh tahun menjadi tuan rumah F1 Abu Dhabi. Namun, tak banyak orang yang mengetahui siapa pembalap yang pernah meraih juara di sirkuit padang pasir itu. Dalam artikel ini Okezone akan membahas mengenai pembalap yang pernah meraih juara kala mengaspal di Sirkuit Yas Marina.

Sebastian Vettel

Pembalap yang paling sering memenangkan perlombaan di Yas Marina adalah, Sebastian Vettel. Ya, pembalap berusia 29 tahun tersebut telah memenangkan tiga kali perlombaan. Salah satu kemenangannya terjadi pada musim 2009 bersamaan dengan debut GP Abu Dhabi dalam kalender F1.

Selang satu tahun kemudian tepatnya pada musim 2010, Vettel kembali meraih juara di Yas Marina. Kemenangan terakhirnya terjadi pada musim 2013. Kala itu ia masih berseragam Red Bull dan menjadi tandem pembalap berkebangsaan Australia, Daniel Ricciardo.

Lewis Hamilton

Pembalap Mercedes AMG Petronas satu ini, telah sukses memenangi dua kali balapan di Sirkuit Yas Marina. Hamilton pertama kali memenangkan juara pertama pada musim 2011. Kala itu pembalap berkebangsaan Inggris ini masih mengenakan seragam McLaren.

Pembalap berusia 31 tahun tersebut memperoleh kemenangan terakhirnya pada musim 2014. Pada musim itu Hamilton telah bergabung dengan Mercedes dan memperoleh masa keemasan dengan tim yang berjuluk The Silver Arrow tersebut.

Kimi Raikkonen

Pembalap berjuluk The Iceman tersebut diam-diam pernah meraih kemenangan ketika mengaspal di sirkuit ini. Tepatnya pada musim 2012 pembalap berkebangsaan Finlandia tersebut sukses meraih trofi di sikuit sepanjang 5,554 kilometer itu.

Pembalap veteran berusia 37 tahun tersebut memperoleh kemenangan pertamanya ketika masih membela tim Lotus. Kala itu Lotus masih bekerjasama dengan pemasok mesin asal Prancis, Renault, sebelum diakusisi sepenuhnya oleh Renault pada musim 2016.

Nico Rosberg

Ini merupakan tandem sekaligus musuh bebuyutan Lewis Hamilton di Mercedes. Mereka memang telah berteman sejak kecil, namun beberapa kali keduanya sering terlibat perselisihan akibat persaingan sengit memperebutkan gelar juara dalam tim.

Rosberg memperoleh kemenangan pada musim 2015 di Sirkuit Yas Marina. Kemenangan tersebut diraihnya bersamaan dengan keberhasilan The Silver Arrow mendominasi ajang balap jet darat tersebut sejak tiga musim terakhir.

(lsk)