Kunci Sukses Owi/Butet Ke Final China Terbuka 2016

FUZHOU – Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil menginjakkan kaki  di Final China Terbuka 2016. Owi/Butet mengalahkan wakil Korea, Choi Solgyu/Chae Yoo Jung dengan skor 21-12 dan 21-7.

Pada game pertama, Owi/Butet tertinggal lebih dulu, 0-4, 3-8 dan 8-12. Setelah itu peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 itu mampu merebut lima poin berturut hingga memimpin jalannya pertandingan dan menang 21-17.

Begitu juga dengan game keduaOwi/Butet beberapa kali harus tertinggal lebih dulu dari Choi/Chae. Namun dengan tampil tenang tim Merah Putih mampu meraih poin demi poin dan mengunci kemenangan.

“Kalau menurut saya, tadi kami bermain lebih tenang. Walaupun ketinggalan tapi kami tetap tenang, tetap fokus dan tetap kontrol. Walaupun di game awal, saya sempat kendor dan ketinggalan 0-4. Tapi habis itu kami balik lagi,” ujar Tontowi mengutip Badmintonindonesia, Minggu (20/11/2016).

“Kami sudah tahu karakter pemain Korea yang alot, kuat dan nggak gampang dimatiin. Jadi kami perlu lebih sabar dan tenang. Kalau ketinggalan pun tetap tenang, karena belum game. Fokus lagi buat cari poin,” kata Liliyana.

Selanjutnya di partai final, Tontowi/Liliyana akan berhadapan dengan wakil China, Zhang Nan/Li Yinhui. Nan/Li berhasil mengalahkan wakil Korea lainnya yakni Ko Sung Hyun/Kim Ha Na dengan skor 21-19, 10-21 dan 21-15.

(fmh)