Indonesia Gelar Ajang Aquathon Dunia Keempat

Aquathon di Indonesia (Foto: Keterangan Pers)

Aquathon di Indonesia (Foto: Keterangan Pers)

JAKARTA - The 4th Worldwide Aquathon Day atau Aquathon Dunia ke-4 berlangsung di seluruh dunia pada Sabtu 12 November 2016. Hingga Kamis 10 November 2016, sudah 79 negara, termasuk Indonesia, ikut berpartisipasi.

Selama tiga jam nonstop, dari pukul 09.00-12.00 waktu lokal, aquathon atau maraton aerobik air berlangsung secara serentak di 240 lokasi di seluruh dunia. Angka ini, diperkirakan, terus naik hingga 12 November 2016.

Water Exercise Therapy atau WET, klub akuarobik -aerobik air- berbasis Jakarta, menjadi pelaksana maraton air internasional ini. “Ini adalah yang kedua kalinya. Pada 2015, WET juga menjadi tuan-rumah Aquathon Dunia ke-3,” ujar Damiana Dotty Widowati, Ketua Pelaksana Aquathon Dunia ke-4 di Indonesia, sekaligus pendiri WET, seperti dimuat keterangan pers yang diterima Okezone, Jumat (11/11/2016).

Sekolah Mentari, yang terletak di Jakarta Selatan, dipilih menjadi lokasi event. Selain kolam renang dan fasilitas pendukung yang memenuhi standar aquathon, lokasi Sekolah Mentari juga dinilai strategis dan mudah dicapai dari berbagai arah.

Diperkirakan sekira 150 peserta dari segala level usia dan latar belakang, baik pelaku akuarobik reguler maupun yang baru pertama kali, akan bergabung memeriahkan maraton air dunia ini. Sedikitnya enam pelatih akuarobik profesional aktif mengawal Aquathon Dunia ke-4, di antaranya, Damiana Dotty Widowati dan Atie Hardjolukito.

Atie, pendiri Klub Akuarobik Mermaid, adalah peraih medali emas renang Pekan Olahraga Nasional era 1970-an yang telah 16 tahun lebih menjadi pelatih akuraobik di Indonesia.

Indonesia adalah satu dari 19 negara Asia yang berpartisipasi dalam the 4th Worldwide Aquathon Day. Dari kawasan regional ASEAN, selain Indonesia, ada Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand.

(zan)